" />--}}

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DENAH BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 2 DI SLB NEGERI MESUJI

Tasnia Suprabawati

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh ditemukannya seorang anak tunarungu di SLB Negeri Mesuji yang belum mampu untuk mengenal bilangan. Pada kurikulum seharusnya anak sudah mengenal bilangan, sebelum masuk ke pelajaran operasi hitung penjumlahan. Sedangkan disekolah guru sudah memberikan pelajaran terkait operasi hitung penjumlahan. guru tersebut juga masih menggunakan metode konvesional sedangkan pembelajaran untuk anak tunarungu harus keterarahan wajah (ketika berbicara harus berhadapan langsung), harus tervisualisasikan (melalui indra penglihatan) dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah media denah bilangan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak tunarungu kelas 2 di SLB Negeri Mesuji Jenis penelitian ini adalah single subject research (SSR), dengan desain A-B-A  dan analisis data penelitian menggunakan analisis visual grafik. Analisis data menunjukkan bahwa baseline (A1) dilakukan sebanyak 4 kali dengan mean level 20%, persentase stabilitas 100% kecenderungan arah stabil (=). dilanjutkan intervensi (B) selama 7 kali dengan mean level 74,2%, persentase stabilitas 85,7%, kecenderungan arah meningkat (+). Selanjutnya kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak 6 kali dengan mean level 95,8%, persentase stabilitas 100% kecenderungan arah meningkat (+). Adapun Overlape pada analisis data B/A1 0% dan B/A2 0%. Dengan demikian Hipotesis penelitian diterima yaitu Media denah bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak tunarungu kelas 2 di SLB Negeri Mesuji.


Keywords


Media denah bilangan; Megenal bilangan; Tunarungu

Full Text:

Unduh PDF

References


Abi, Mustofa. (2020). Media pembelajaran. Yayasan kita menulis

Acesta, Arrofa. (2019). Kecerdasan kinestetik dan interpersonal serta pengembangannya. Surabaya : Media sahabat cendekia

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.

Charitas, Rully. (2021). Single Subject Research. Yogyakarta : UAD PRESS

Daryanto. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Fernando, Andrew. (2020) Pengembangan media pembelajaran. Yayasan kita menulis

Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: LUXIMA

Hamdanah. (2019). Media pembelajaran berbasis ICT. Sulawesi selatan : IAIN PAREPARE NUSANTARA PRESS

Indriani. (2013). Penggunaan media kartu bilangan untuk meningkatatkan kemampuan konsep bilangan 1-5 pada anak tunagrahita ringan. [online]. Diakses dari http://repositori.upi.edu/2666/

Kadarohman Asep. (2018). Pedoman penulisan karya ilmiah UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Lestariningrum dkk.(2021). Inovasi pembelajaran anak usia dini. Madiun : CV Bayfa Cendekia Indonesia

Lisnus, Rafael. (2020). Pembinaan anak berkebutuhan khusus (sebuah perspektif bimbingan dan konseling). Yayasan kita menulis

Muhammad. (2016). Pengaruh media model jam aktivitas terhadap kemampuan pengukuran waktu pada anak tunarungu kelas III di SLB B wiyata dharma 1 tempel. [online]. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id

Muhtar, Tatang. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. Sumedang : UPI Sumedang Press

Novitasari, Elly. (2017). Meningkatkan kemampuan mengenal biangan. [Online]. Diakses dari sahttps://eprints.uny.ac.id/47507/

Nuryasid. (2016). Pengembangan aplikasi kamus bahasa isyarat indonesia (bisindo) dengan mengintegrasikan cloud video berbasis android [online]. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/27939/1/5302411057.pdf.

Prameswari, Noengki. (2020). Profil penderita tunarungu, maloklusi dan kebutuhan perawatan ortodonsia. Surabaya: Airlangga University Press.

Priatna, Nanang. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Bandung: RajaGrafindo Persada.

Safitri, Wykke. (2017). Peningkatan mengenal lambang bilangan. [Online]. Diakses dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1851/1/weyke.pdf

Solichah, Imroatus. (2014). Alat peraga untuk pembelajaran tunarungu. Magetan: Penerbit media guru

Sudjana, Djudju. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung : PT IMPERIAL BHAKTI UTAMA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi. Bandung: ALFABETA.

Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Otsuka: University of Tsukuba.

Sundayana, Rostina. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: ALFABETA.

Suratno. (2017). Asesmen teman sejawat (AST). Purwokerto : CV IRDH .

Wahid, Gusnur. (2019). Pembelajaran artikulasi huruf hijaiyah untuk anak tunrungu. Jawa barat : CV setia media penerbit

Wardhono, Agus. (2018). Memerankan peran pendidik dalam membangun karekter anak usia dini sebagai wujud investasi bangsa. Tuban : fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas ronggolawe tuban.

Yusuf, A.Muri. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tasnia Suprabawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.