EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DENAH BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 2 DI SLB NEGERI MESUJI
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh ditemukannya seorang anak tunarungu di SLB Negeri Mesuji yang belum mampu untuk mengenal bilangan. Pada kurikulum seharusnya anak sudah mengenal bilangan, sebelum masuk ke pelajaran operasi hitung penjumlahan. Sedangkan disekolah guru sudah memberikan pelajaran terkait operasi hitung penjumlahan. guru tersebut juga masih menggunakan metode konvesional sedangkan pembelajaran untuk anak tunarungu harus keterarahan wajah (ketika berbicara harus berhadapan langsung), harus tervisualisasikan (melalui indra penglihatan) dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah media denah bilangan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak tunarungu kelas 2 di SLB Negeri Mesuji Jenis penelitian ini adalah single subject research (SSR), dengan desain A-B-A dan analisis data penelitian menggunakan analisis visual grafik. Analisis data menunjukkan bahwa baseline (A1) dilakukan sebanyak 4 kali dengan mean level 20%, persentase stabilitas 100% kecenderungan arah stabil (=). dilanjutkan intervensi (B) selama 7 kali dengan mean level 74,2%, persentase stabilitas 85,7%, kecenderungan arah meningkat (+). Selanjutnya kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak 6 kali dengan mean level 95,8%, persentase stabilitas 100% kecenderungan arah meningkat (+). Adapun Overlape pada analisis data B/A1 0% dan B/A2 0%. Dengan demikian Hipotesis penelitian diterima yaitu Media denah bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak tunarungu kelas 2 di SLB Negeri Mesuji.
Keywords
Full Text:
Unduh PDFReferences
Abi, Mustofa. (2020). Media pembelajaran. Yayasan kita menulis
Acesta, Arrofa. (2019). Kecerdasan kinestetik dan interpersonal serta pengembangannya. Surabaya : Media sahabat cendekia
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.
Charitas, Rully. (2021). Single Subject Research. Yogyakarta : UAD PRESS
Daryanto. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Fernando, Andrew. (2020) Pengembangan media pembelajaran. Yayasan kita menulis
Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: LUXIMA
Hamdanah. (2019). Media pembelajaran berbasis ICT. Sulawesi selatan : IAIN PAREPARE NUSANTARA PRESS
Indriani. (2013). Penggunaan media kartu bilangan untuk meningkatatkan kemampuan konsep bilangan 1-5 pada anak tunagrahita ringan. [online]. Diakses dari http://repositori.upi.edu/2666/
Kadarohman Asep. (2018). Pedoman penulisan karya ilmiah UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Lestariningrum dkk.(2021). Inovasi pembelajaran anak usia dini. Madiun : CV Bayfa Cendekia Indonesia
Lisnus, Rafael. (2020). Pembinaan anak berkebutuhan khusus (sebuah perspektif bimbingan dan konseling). Yayasan kita menulis
Muhammad. (2016). Pengaruh media model jam aktivitas terhadap kemampuan pengukuran waktu pada anak tunarungu kelas III di SLB B wiyata dharma 1 tempel. [online]. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id
Muhtar, Tatang. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. Sumedang : UPI Sumedang Press
Novitasari, Elly. (2017). Meningkatkan kemampuan mengenal biangan. [Online]. Diakses dari sahttps://eprints.uny.ac.id/47507/
Nuryasid. (2016). Pengembangan aplikasi kamus bahasa isyarat indonesia (bisindo) dengan mengintegrasikan cloud video berbasis android [online]. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/27939/1/5302411057.pdf.
Prameswari, Noengki. (2020). Profil penderita tunarungu, maloklusi dan kebutuhan perawatan ortodonsia. Surabaya: Airlangga University Press.
Priatna, Nanang. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Bandung: RajaGrafindo Persada.
Safitri, Wykke. (2017). Peningkatan mengenal lambang bilangan. [Online]. Diakses dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1851/1/weyke.pdf
Solichah, Imroatus. (2014). Alat peraga untuk pembelajaran tunarungu. Magetan: Penerbit media guru
Sudjana, Djudju. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung : PT IMPERIAL BHAKTI UTAMA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi. Bandung: ALFABETA.
Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Otsuka: University of Tsukuba.
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: ALFABETA.
Suratno. (2017). Asesmen teman sejawat (AST). Purwokerto : CV IRDH .
Wahid, Gusnur. (2019). Pembelajaran artikulasi huruf hijaiyah untuk anak tunrungu. Jawa barat : CV setia media penerbit
Wardhono, Agus. (2018). Memerankan peran pendidik dalam membangun karekter anak usia dini sebagai wujud investasi bangsa. Tuban : fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas ronggolawe tuban.
Yusuf, A.Muri. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tasnia Suprabawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.