PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA TUNARUNGU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kosakata siswa pada pelajaran bahasa Inggris tentang materi benda yang dijumpai di sekolah bagi siswa tunarungu kelas VII SMPLB di SLB Negeri Metro dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif make a match. Peneliti menemukan bahwa siswa tunarungu di kelas VII belum menguasai kosakata bahasa inggris. Hal ini dapat terlihat dari rendahnya hasil belajar pada pelajaran bahasa Inggris yaitu dibawah 70. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklusnya dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kosakata yang dimiliki siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif make a match, terlihat dari hasil belajar yang diperoleh. Rata-rata ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 33,33% “belum tuntas” dan siklus II sebesar 66,67% “tuntas”, sehingga mengalami peningkatan sebesar 33,34%. Sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotor pada siklus I 54,86% dengan kategori “cukup terampil” dan siklus II 69,10% “terampil”, sehingga mengalami peningkatan sebesar 4,86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VII SMPLB di SLB Negeri Metro.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Fahruddin dan Jamaris. M (2005). Peningkatan Penguasan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan. Vol 3. No 2.
Melinda, S, E. 2013. Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Metode Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ema Mawaddah Ulfa, Genesa Vernanda, Arie Laili Nopprima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.