EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN DAN LARUTAN PADA SISWA TUNANETRA KELAS IX DI SLB A BINA INSANI
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada masalah yang ditemui peneliti di lapangan yaitu terdapat siswa tunanetra yang memiliki kemampuan rendah dalam pembelajaran IPA materi pemisahan campuran dan larutan karena penggunaan metode pembelajaran dirasa kurang efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode demonstrasi dan eksperimen yang diterapkan pada siswa tunanetra dalam pembelajaran IPA materi pemisahan campuran dan larutan. Peneliti mengunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen terhadap subjek tunggal dengan desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian merupakan salah satu siswa tunanetra kelas IX di SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan observasi berupa pengisian lembar cheklist yang didukung pemberian tes lisan. Analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan mengolah data dalam bentuk visual grafik. Hasil penelitian pada fase Baseline 1 menunjukkan pemerolehan skor dengan rata-rata 14.4 yang termasuk kategori kurang. Fase intervensi, memperoleh skor dengan rata-rata 17.75 yang termasuk kategori cukup. Sedangkan fase Baseline 2, memperoleh skor dengan rata-rata 23.3 yang termasuk kategori cukup. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dan eksperimen efektif meningkatkan kemampuan siswa tunanetra dalam pembelajaran IPA materi pemisahan campuran dan larutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, Saifuddin. (2021). Pendidikan Anak Berbasis Hadist Arba’in An Nawawiyah. Jawa Barat: CV Adranu Abimata.
Basheer A, dkk. (2016). The Efecctivenes Of Teachers Use Of Demonstrations For Enhancing Students Understanding Of And Attitudes To Learning The Oxidation Reduction Concept. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education. 13 (3), 555-570.
Daluba & Noah Ekeyi. (2013). Effect Of Demonstration Method Of Teaching On Students Achivement In Agricultural Science. World Journal Of Education. 3 (6), 1-7.
Efendi, Mohammad. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryani S, dkk. (2015). Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Educational Journal. 4 (2), 835- 841.
Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Heward, William L. (2013). Exceptional Children. Amerika Serikat: Pearson Education.
Kauffman, James. M & Daniel, P. Hallahan. (2011). Handbook Of Special Education. New York: Routladge.
Lisinus. R & Pastiria Sembiring. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Prayitno. (2009). Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasido.
Restian, Arina. (2020). Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar. Malang: UMM Press.
Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Statistika. Surabaya: Airlangga University Press.
Siyoto. S & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sujana, Atep. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep Dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.
Sunanto. J, dkk. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.
Sunarno W, dkk. (2014). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Problem Solving Melalui Metode Demonstrai Dan Eksperimen Untuk meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 3(3), 75-85.
Sutiah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Umi, Christiana. (2016). Cepat Kuasai IPA SD/MI Kelas IV, V, VI. Jakarta: PT Grasindo.
Wajdi. B & Tzamarul Hizbi. (2016). Penerapan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Visis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika. 5 (2), 99-110.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Syarifatunnisa Al Katiri, Heni Herlina, Ossy Firstanti Wardany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.