PENINGKATAN KEMAMPUAN VOKASIONAL BATIK JUMPUTAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X DI SMALB CATUR BINA BANGSA
Puryantoro Puryantoro, Heni Herlina, Arie Laili Nopprima
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya keterampilan vokasional batik jumputan pada siswa tunarungu kelas X SMALB di SLB Catur Bina Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan sebagian besar hasil ketuntasan belajar siswa rendah yaitu <70 serta sebagian dari siswa tunarungu banyak yang tidak melanjutkan studi ke pendidikan tinggi selepas SLB tingkat lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan vokasional batik jumputan pada siswa tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada hasil belajar afektif dari 54,17 dengan kategori “Cukup Baik” pada siklus I menjadi 79,17 dengan kategori “Baik” pada siklus II. Peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II sebesar 25. Hasil belajar siswa berupa keterampilan juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 66,67 dengan kategori “terampil” pada siklus I menjadi 83,33 dengan kategori “Terampil” pada siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 16,66. Peningkatan juga terjadi secara klasikal pada ketuntasan hasil belajar kognitif siswa yang pada siklus I tidak ada yang tuntas, pada siklus II semua siswa tuntas dengan kategori baik. Penerapan metode driil dapat meningkatakan keterampilan batik jumputan pada siswa tunarungu kelas X SMALB di SLB Catur Bina Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021
Keywords
metode drill; batik jumputan; tunarungu; vokasional
References
Asmani, Ma’mur Jamal. (2014). Tips Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Diva Press.
Iswari, Mega. (2007). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens.
Suharsimi Arikunto, Suharjono dan supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :PT. Bumi Aksara.
Suparno, dkk. (2009). Pengembangan Keterampilan Vokasional Produktif Bagi Penyandang Tunarungu Pasca Sekolah Melalui Model ShelteredWorkshop Berbasis Masyarakat.Jurnal Pendidikan Khusus Vol 5 No. 2 November 2009.
Syaiful, Sagala. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
DOI:
https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Puryantoro Puryantoro, Heni Herlina, Arie Laili Nopprima
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.