PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA TUNARUNGU
NANDA PRATIWI, Genesa Vernanda, Arie Laili Nopprima
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya hasil belajar siswa tunarungu kelas V SDLB di SLB Negeri Metro Tahun Ajaran 2020/2021 pada pembelajaran IPA materi daur hidup hewan yang ditunjukkan dengan sebagian besar hasil ketuntasan belajar siswa rendah yaitu dibawah 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 60,07 “cukup baik” dan siklus II sebesar 69,10 “baik” mengalami peningkatan sebesar 9,03. Rata-rata hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 54,52 dengan kategori “cukup terampil” dan siklus II sebesar 67,36 “Terampil” mengalami peningkatan sebesar 12,84. Ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 83,33% mengalami peningkatan sebesar 33,33%. Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatakan hasil belajar materi daur hidup hewan pada siswa tunarungu kelas V SDLB di SLB Negeri Metro
Keywords
hasil belajar; picture and picture; tunarungu
References
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT. Refika Aditama.
Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persada.
Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction to Special Education 10th ed. USA: Pearson.
Arikunto, Suharsimi, Suharjono & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :PT. Bumi Aksara.
Sadjaah, Edja. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
DOI:
https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 NANDA PRATIWI, Genesa Vernanda, Arie Laili Nopprima
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.