" />--}}

JENIS POLA ASUH ORANG TUA ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS DI LAMPUNG

Amalia Fadila, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Abstract


Pertumbuhan dan perkembangan anak autis akan berjalan baik bila anak mendapatkan pola asuh dan bimbingan dari orang tua. Karena orang tua merupakan madrasah pertama bagi anak autis. Mengetahui pola asuh orang tua anak autis adalah hal penting, karena dapat memberikan gambaran mengenai pola asuh orang tua dan dapat memberikan berbagai informasi seperti apa permasalahan yang dialami oleh orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tipe pola asuh yang paling dominan pada orang tua anak dengan gangguan spektrum autis di Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif survei yaitu digunakan untuk menarik kesimpulan sampel dari populasi yang menggunakan alat statistik dalam menganalisis data. Penelitian dilaksanakan dengan membagikan kuesioner melalui Whatsapp. Orang tua akan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada kuesioner yang ada di google form dengan soal dan jawaban yang diatur secara acak. Analisis data menggunakan SPSS dengan memasukkan data yang telah diberi kode untuk memudahkan dalam pengolahan data. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan jenis pola asuh demokratis yaitu sebanyak 20 orang (80%). Pola asuh permisif dengan jumlah 5 orang (20%) dan tidak ada orang tua anak dengan gangguan spektrum autis di Lampung yang menerapkan jenis pola asuh otoriter.

Keywords


pola asuh, jenis pola asuh; orang tua; anak autis;

Full Text:

PDF

References


Apriastuti, Dwi Anita. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(1), 39 – 42

Astini, S.P.N., Labir, I Ketut & Nopyari, N.L.P. (2016). Pola Asuh Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis. Jurnal Gema Keperawatan, 9(2), 183 – 189

Atmaja, Jati Rinakri. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya

Bungin, Burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Dariyo, Agoes. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama

Duan, M.N.R. (2015). Skripsi. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUATERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK PENYANDANG AUTIS DI SEKOLAH DASAR AUTIS Sta. MARIA ASSUMPTA DAN SLB NEGERI PEMBINA KUPANG. Kupang: STIKES Citra Husada Mandiri Kupang

Hidayati, T., Hanifah, Iis & Sary, Y.N.E. (2019). Pendamping Gizi Pada Balita. Yogyakarta: Deepublish

Kauffman, J.M. dan Hallahan, D.P. (2011). Handbook of Special Education. New York: Routledge

Lestari, Sri. (2018). Psikologi Keluarga. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Mash, Eric J. dan Wolfe, David A. (2010). Abnormal Child Psychology 4th edition. California: Cengange Learning.

Mirza, Rina. (2016). MENERAPKAN POLA ASUH KONSISTEN PADA ANAK AUTIS. JURNAL TARBIYAH, 23(2), 251-273

Pusdatin. (2016). Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB). Jakarta: PDSPK Kemdikbud

Pusdatin. (2020). Statistik Pendidikan Luar Biasa (PLB). Tangerang Selatan: Pusdatin Kemendikbud

Setianingrum, Luyinarti. (2019). Shadow Teacher. Medan: UD. BOOKIES INDONESIA

Siswanto, Victorianus Aries. (2012). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suryani dan Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajeman dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group

Wulandari, Agathista Eka. (2017). PARENTING PADA SINGLE PARENT (IBU) YANG MEMILIKI ANAK AUTIS. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 4(1), 1-81




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Amalia Fadila, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.