" />--}}

EFEKTIVITAS MULTISENSORY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS

Muhammad Fajar Ramadhan, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Abstract


Kemampuan menulis permulaan seorang anak autis (IAF) masih cukup rendah. Masalah tersebut disebabkan oleh fokus yang mudah beralih dan kurangnya minat dalam pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode multisensory learning terhadap kemampuan menulis permulaan khususnya menebalkan pada anak autis kelas III SDLB di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal atau single subject research (SSR). Desain penelitian subjek tunggal yang digunakan adalah A1-B-A2. IAF adalah anak autis kelas III SDLB yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis menulis permulaan dan observasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan anak memperoleh jumlah nilai 20 pada fase baseline-1 (A1) menjadi 30 di sesi akhir sesi intervensi (B) dan baseline-2 (A2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode multisensory learning efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak autis. Hal tersebut didukung presentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi intervensi dengan baseline-1 sebesar 0% dan baseline-2 dengan intervensi sebesar 60%. Secara keseluruhan, penggunaan metode multisensory learning berpengaruh positif dan efektif terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak autis kelas III SDLB di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung.

Keywords


metode multisensory learning; menulis permulaan; anak autis; multisensori

Full Text:

PDF

References


Alenizi, M. A. K. (2019). Effectiveness of a Program Based on A Multi-Sensory Strategy in Developing Visual Perception of Primary School Learners with Learning Disabilities : A Contextual Study of Arabic Learners. International Journal of Education Psychology, 8 (1), 72–104. https://doi.org/10.17583/ijep.2019.3346

Asaro, -Saddler, K. (2016). Writing Instruction and Self-Regulation for Students With Autism Spectrum. Wolters Kluwer Health, 36 (3), 266–283. https://doi.org/10.1097/TLD.0000000000000093

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Demetriou, E. A., Demayo, M. M., & Guastella, A. J. (2019). Executive Function in Autism Spectrum Disorder : History, Theoretical Models, Empirical Findings, and Potential as an Endophenotype, Frontiers in Psychiatry, 10, 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00753

Depdiknas. (2009). Panduan Untuk Guru Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Sekolah Dasar Kelas 1,2,3. Jakarta: Depdiknas.

Ennis-Cole, D. L. (2016). Technology for Learners with Autism Spectrum Disorders. Champ: Springer.

Gargiulo, R. M. (2012). Special Education in Contemporary Society : An Introduction to Exceptionality 4th Edition. United States: SAGE Publications.

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Literacy, M. (2015). Multisensory Activities to Teach Reading Skills. Summer Reads.

Melinda, E. S. (2013). Pembelajaran Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: PT. LUXIMA METRO MEDIA.

Moustafa, A., & Ghani, M. Z. (2017). The Effectiveness of a Multi Sensory Approach in Improving malikReading CVC Words among Mild Intellectual Disabled Students in State of Kuwait. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 7 (1), 43-49. https://doi.org/10.9790/7388-0701014349

Nafi, D. (2012). Belajar dan Bermain Bersama ABK-Autis. Yogyakarta: Familia.

Pagliano, P. (2012). The Multisensory Handbook. New York: Routledge.

Reason, R., & Boote, R. (2003). Helping children with reading and spelling. New York: Routledge.

Romero, Y. (2020). Lazy or Dyslexic : A Multisensory Approach to Face English Language Learning Difficulties. Canadian Center of Science and Education. 13 (5), 34-48. https://doi.org/10.5539/elt.v13n5p34

Santosa, Z. (2019). Mengatasi Anak Autis. Yogyakarta: CV Alaf Media.

Siegel, B. (2003). Helping Children with Autism Learn. New York: Oxford University Press.

Subini, N. (2012). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.

Tobin, R. M., & Alvin E. H. (2016). DSM-5 Diagnosis in the Schools. New York: Gulford Press.

Yusuf, M., Sunardi & Abdurrahman M. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Fajar Ramadhan, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.