Efektivitas Media Animasi Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu Kelas V Di PKLK Growing Hope

Ayu Kusuma Rahayu, Yulvia Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dengan efek animasi terhadap kemampuan pengucapan anak tunarungu kelas V di SDLB PKLK Growing Hope Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subjeck Research). Subjek penelitian yaitu dilakukan dengan menggunakan desain penelitian A1-B-A2. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes kemampuan pengucapan kosakata benda dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskripsi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian, analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa media gambar animasi efektif terhadap kemampuan pengucapan kosakata benda anak tunarungu kelas V SDLB PKLK Growing Hope Bandar Lampung. Efektivitas ditunjukkan dengan data tumpang tindih (overlap) dalam analisis antar kondisi A1/B, B/A2, dan A1/A2 sebesar 0% yang berarti semakin kecil presentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh intervensi terhadap perilaku sasaran.

Kata kunci: animasi, tunarungu, kosakata


Full Text:

PDF

References


Arsyad.A (2007). Pengertian Media Pembelajaran. Makasar: Univesitas Negeri Makasar.[internet]tersediapada http://haryati2013.wordpress.com/2015/07/30resume-buku-media-pembelajaran-pengarang-prof-dr-azhar-arsyad-m-a/amp/. diambil pada (22 Juli 2019, Pukul 22.00).

Artawan, R. (2010). Pembelajaran Menggunakan Media Animasi. Jakarta: Bumi Aksara. [internet] tersedia pada

https://kamriantiramli.wordpress.com/2011/02/28pengaruh-penggunaan-media-animasi-sebagai-strategi-pembelajaran-aktif-pada-konsep-metabolisme-di-kelas-XII-man-negeri-2-sinjai/. diambil pada (22 Juli 2019, pukul 22.00).

Yuni Artika, Basten, Penggunaan Media Animasi Berbasis Pendekatan Komunikasi Total Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar V Di SLB Surakarta. Tersedia Universitas Sebelas Maret (internet). http://repository.upi.edu/13323/ (22 Juli 2019, Pukul 22.00).

Bugin, B. (2009) Sosiologi Komunikasi (Teori Paradigma dan Diskusi Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Edja, S. (2005). Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran Dalam Keluarga. Jakarta: Depdiknas Dirjend.Pend.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Inde.

Noviani, E. (2014). Pengaruh Permainan Bergambar Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Autis Kelas TK Di Sekolah Bina Anggita Yogyakarta. [internet] http://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2c5&q=skripsi+elisa+noviani&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%2DiSrsw_OFFhcj diambil pada (23 Nov 2019, pukul 21.00).

Gorys, K. (2008). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamadi, H. (2014) Penelitian Hubungan Komunikasi Anak Tunarungu. [internet] tersediapada http://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q+Harmadi+&btnG=#gs_qabs&u=%23p%3DCml96qH-vzUJ diambil pada (26 Nov 2019, pukul 21.00).

Indriani, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran.Yogyakarta: DIVA Press

Jumiatun. (2017). Peningkatan Penguasaan Kosakata Benda Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar 1 Menggunakan Flashcard Di Slb Wiyata Dharma Sleman, Yogyakarta.[internet]tersediapada https://eprints.uny.ac.id/48604/file:///C:/Users/user/Downloads/KULIAH/Jumiatun12103244045.pdf diambil pada (23 Nov 2019, pukul 22.00)

Ika. (2014).Komunikasi Total Sebagai Model Komunikasi Pada Anak Tunarungu. [internet].tersediapada http://eprints.uny.ac.id/47504/file:///C:/Users/user/Downloads/PDF%20KULIAH/ejournal_ika_new%20(05-26-14-04-48-52).pdf diambil pada (24 Nov 2019, pukul 23.00).

Kuntjojo.(2009).HakikatKomunikasiInternasional.(Internet).Tersediapada (24 Nov 2019) https://ebekunt.wordpress.com/2009/11/30/komunikasi-interpersonal-2/

Murti Sarining Laras.(2015). Pengaruh Media Scrabble Word Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bagi Anak Tunarungu Kelas Dasar 1 SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Tersedia di UNY (internet) file:///C:/Users/user/Downloads/33533110.pdf. (24 Juli 2019, pukul 01.00)

Murni Winasih. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurhayati dan Sappe (2004). Media Animasi Untuk Siswa. Bandung: Universitas Indonesia

Rudi Susilana dan Cepi Riyana.(2008). Media Perlakuan Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Soedjito, dan Djoko Saryono. (2011). Seni Terampil Menulis Kosakata Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

Suparno. (2001). Pendidikan Anak Tunarungu. Yogyakarta: PLB FKIP UNY

Sunanto, Tekeuchi dan Nakata. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. CRICED University of Tsukuba. [internet]. Tersedia. http://earchive.criced.tsukuba.ac.jp/data/doc/pdf/2005/10/TEXT.685.pdf (27 Juli 2019, pukul 24.30).

Santrock, J.W.. (2011). Perkembangan Masa Hidup (Edisi Ketigabelas). Jakarta: Erlangga.

Sadja’ah, E. (2005). Gangguan bicara-bahasa. Bandung: San Grafika.

Sudrajat, Akhmad. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: UNY. [internet] tersedia http://blog.uny.ac.id/humasfipuny/files/2010/01/artikel-1.pdf (27 Juli 2019, pukul 01.00).

Shabrina, Marini. (2010). Pengertian Media Animasi. (Internet)

http://marinishadrina.blogspot.com/2009/10/pengertian-animasi.html. (27 Juli 2019, pukul 02.00).

Purwanto. M Ngalim. (2006). Prinsip-prinsip evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan.(2015). Peningkatan Keterampilan Membaca. Yogyakarta: Jurnal Student UNY.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana.

Wardani.dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusufhadi, Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i1.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SNEED JOURNAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.