EFEKTIVITAS PHYSICAL EXERCISE UNTUK MENURUNKAN REPETITIVE AND RESTRICED BEHAVIOR PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER
Abstract
Restricted Behaviour pada Autism Spectrum Disorder. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dalam bentuk SSR (Single Subject Research)menggunakan desain A-B-A (Baseline-1-Intervensi-Baseli-
2).Penelitian dilakukan di PKLK Growing Hope Bandar Lampung dengan subjek satu siswa autis usia 9 tahun Pada tanggal 9 Agustus 2019, selama 30 sesi (Baselina A1, lima sesi , BaselineB dua puluh sesi dan BaselineA2 lima sesi).Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, ujian (tes),
dan dokumentasi. Hasil analisis data dalam kondisi dan hasil analisis antar kondisi terlihat bahwa sebelum diberikan perlakuan dengan kegiatan physical exercise yaitu lari 100 meter ( lari Sprint) pada saat kondisi baseline(A1) perilaku repetitivetepuk tangan pada saat belajar di kelas muncul sangat tinggi,
setelah diberi perlakuan intervensi perilaku repetitivetepuk tangan pada saat belajar di kelas mengalami penurunan. Hal ini membuktikan bahwa physical Exerciseyaitu lari 100 meter dapat menurunkan perilaku repetitivetepuk tangan pada saat belajar di kelas.
Full Text:
PDFReferences
Adisasmita, Y. 1992. “Olahraga Pilihan Atletik”. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Aji, Bayu Koeworo. 2012. Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SDLB Negeri Semarang.Skripsi. Semarang: Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan RekreasiFakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Semarang.
Alloy, L. B., Riskind, J. H., & Manos, M. J. (2005). Abnormal Psychology: CurrentPerspectives. Ninth Edition. New York: McGraw Hill
American Ps ychiatric Association.(2013).Diagnostic And Statistical Manual of mental Disorder Fifth Edition. Washington : America Psychiatric Publishing
Ballerina, Titisa, 2016. Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Journal of Disability Studies Vol. 3, h.245-266
Baranek.G.T.(2002). Efficacy of Sensory and Motor Intervention for Children with Autism. Journal of Autism and Developmental Disorder volume 32, pages397–422(2002)
Bahagia, Y. 2000. “Pembelajaran Atletik”. Depdiknas: Dirjen Diknasmen Direktorat PLB.
Banurea, M.A., dkk. 2019. “Hubungan Kadar Kolesterol Total dan Karakteristik Lansia Terhadap Fungsi Eksekutif Otak”.
Jakarta: Fakultas Kedokteran UPN Veteran.
Biewener, A. A. 2003. “Animal Locomotion”. US: Oxford University Press.
Boyd, dkk. 2010. “Sensory Features and Repetitive Behaviors in Children with Autism and Develompent Delays”. North Carolina: NIH Public Access
Caspersen, dkk. 1985. “Physical activity, exercise, and physical fitness: definitions and distinctions for health-related research”. Journal of Public Health Report v.100(2). USA: National Library of Medicine.
Cox.R.H.(2010). Sport Psycology. Concepts and Aplplycation. Seventh Edition. McGraw-Hill, a business unit of The McGraw-Hill companies, Inc
Damarsari, Rizky. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Patama Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas Ii Di Sd Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar BiasaFakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta
Dikdik Zafar Sidik. 2010. Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Dwi Kusnantara, Alfian. Kecepatan Lari 50 Meter Anak Tunagrahita Kelas VII Di SLB C YPAALB Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016 / 2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan RekreasiJurusan Pendidikan OlahragaFakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Fitriyah, 2015. Jurnal Pendidikan Khusus Mengurangi Perilaku Repetitif Menepuk Tangan Saat Pembelajaran Menggunakan Teknik Token Economic Pada Anak Autis Di Slb Tunas Kasih Surabaya Jurnal Pendidikan Khusus Vol 7, No 2 (2015)Francis.M SUNDAY et al. 2014. Restricted Repetitive Behavoiurs: Connections Between Autism Spectrum and Obsessive-Compulsive Spectrum Disorders.American Psychological Association. All rights reserved.http://dx.doi.org/10.1037/14323-014 . diakses pada tanggal 28 Juli 2019 pukul 19.17 WIB
Harry Fareira, Mulyadi. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Lari 100 Meter Melalui
Pendekatan Bermain. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 13 (1) Januari – Juni 2014: 44-59.
Hermawan, Dwi, Andri, dkk. Risk Factors of ASD Unnes Journal of Public Health Vol 7 No 2 (2018):
Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Kehidupan (terjemahan,edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.
Khomsin. 2005. “Atletik 1”. Semarang: UNS Press.
Lopez. B. R, J. Alan, dkk (2005). Examining the relationship Excutif fungtion and Restricted, Repetitive Symptom of Autistic Disorder. Jurnal of Autism and Development Diosrder. Vol 35. No. 4
Muhdar Mahmud. (2010). Anak Autis.PLB UPI.Bandung
diakses pada tanggal 28 Juli 2019 pukul 18:22
Maryono. 2014. Meningkatkan Teknik Dasar Lari Sprint Dan Aktivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 06 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. Skripsi. Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Mirza, Rina. 2016. Menerapkan Pola Asuh Konsisten Pada Anak Autis. Jurnal Tarbiyah, Vol. 23, No. 2, Juli-Desember 2016 (Online)
Mahmud, M. 2010. “Anak Autis”. Bandung: PLB FIB UPI.
Mirande. P et al (2010). Validating the Repetitive Behaviour Scale-Revised in Young Chlidren with Autism Spectrum Disorder. Springer Science+Busines Media, LLC. J Autism Dev Disord 40:152-1530. DOi.1007/s10803=010-1012-02
Muniroh, Hamidah. 2015. Identifikasi anak dengan gangguanspektrum autistic. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Departemen Pendidikan Khusus. (Online) Diakses pada tgl 7 Maret 2019, pukul 06.12 WIB
Mulyati, E. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini Anak Taman Kanak-kanak Melalui Penerapan Metode Multisensori”. Skripsi Program Sarjana pada Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Mulyono, S. 2014. “Pengertian Lari Sprint”. https://yqwert69.wordpress.com/
Nasution Metode Research. Penerbit: Bumi Aksara. 2002.
Nora, R. 2018. “5 Tujuan Lari Jarak Pendek”. Diunduh pada tanggal 14 November 2019 pukul 11.03.
Petters. T. (2004). Pusat Pelatihan Profesional Penyandang Autis. Hubungan pengetahuan teoritis dan intervensi pendidikan bagi penyandang autis. Indonesia : dian Rakyat.
Petrus.C et al.,(2008). Effects of Exercise Intervention on Stereotipic Behaviour in children with Autism Disorder. Physither Can; 60:134-145 (Online)
Purnomo, E. 2007. “Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Puspitasari, Dewi Oktarina, 2016. Penanganan Perilaku Hiperaktif Pada Anak Autis Di Paud Inklusi Ahsanu Amala. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Powers.S K. Powers &Howley.E T (1997). Exercise Physilogi Theory an Applicatio to Fitnes and Performance. The United States ao Americab by Times Mirror Higher Education Group, Inc,
. diakses pada tanggal 28 juli 2019 08;57 WIB
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Riadi, M. 2018. “Pengertian, Teknik, dan Peraturan Lari Jarak Pendek. Kajian Pustaka.com.
Sugiarmin, M. 2010. “Individu Dengan Gangguan Autisme”. Bahan Ajar Anak Autis.(
Diunduh pada tanggal 09 November 2019 pukul 14.39.
Sukmadinata, N.S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung :
Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Susanto. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta : UNS Press
Syaodih, E. 2012. “Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak Prasekolah”. Jurnal Pengembangan Bahasa Anak.
Diunduh pada tanggal 12 November pukul 09.19.
Tauzi, Fazlul. 2013. Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan TeknikLari Jarak Pendek 60 M Pada Siswa Kelas V SDN 179 Seluma.Skripsi. PSKGJ UNIB.P
Threvanthen, Cowyn, (1999) Children With Autism, second edition , Philadelphia : JessicaKingsley Publisher.
Tood.T and Reid.G.(2006). Increasing Physical Activity in individual with Autism. Focus on Autism and other Development Disabilities. Volume 21, number 3. Page 167-176 (On line)
Reid, Greg.(2006). Increasing Physical Activty in Individual with Autism. Focus on Autism and Other Developmental Disabilty, 21(3), 167-176.
Yusuf Adi Sasmita. 1992. Olahraga Pilihan Atletik. Jakarta: Depdikbud
Zulkifli, 2014.Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Autis Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Yaffe, K, dkk. 2002. “ Sex Hormones and Cognitive Function in Older Men”. J Am Geriatrics Soc;50: 707 – 12.
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i1.607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SNEED JOURNAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.