" />--}}

EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM KEMAMPUAN PENGGUNAAN TONGKAT BAGI ANAK TUNANETRA DI SLB A BINA INSANI KOTA BANDAR LAMPUNG

Pamela Setya Kahayu, Ratna Tri Utami, Genesa Vernanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan metode demontrasi dalam meningkatkan
kemampuan siswa tunanetra dalam menggunakan tongkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode kuantitatif dengan Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dalam bentuk single subject
research (SSR). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan tes (dengan 24
soal). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisi antar kondisi. Temuan
penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan
penggunaan tongkat pada anak tunanetra kelas VI di SLB A Bina Insani. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan kemampuan penggunaan tongkat pada subjek penelitian yaitu dengan ditandai
oleh meningkatnya presentase kemampuan pada hasil tes setelah diberikan metode demonstrasi.
Pada sesi Baseline-1 rata-rata presentase kemampuan subjek sebesar 41,66%. Sedangkan Pada sesi
Baseline-2 setelah diberikan intervensi,rata-rata presentase subjek sebesar 95,80%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi memberikan efektifitas positif terhadap
kemampuan penggunaan tongkat pada siswa tunanetra kelas VI di SLB A Bina Insani.


Keywords


Metode Demonstrasi; Penggunaan Tongkat; Tunanetra

Full Text:

unduh PDF

References


Atmaja, J.R. 2018. Pendidikan Dan Bimbingan Anak

Bekerbutuhan Khusus. Bandung. PT. Remaja

Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial &

Ekonomi Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif

untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik,

Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran.

Sidoarjo: Kencana.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Jakarta : Rajawali Pers.

Cahya Padholi, Deni.2016. Peningkatan Kemampuan

Orientasi Dan Mobilitas Anak Tunanetra Kelas V

di SLB A Yaketunis Yogyakarta Melalui Kegiatan

Pramuka. Ilmu Pendidikan Luar Biasa.

Universitas Negeri Yogyakarta. Yogayakarta.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Dan Sosial.

Bandung. Alfabeta.

Haryanto, Bhidju Roni. 2020. Peningkatan Hasil Belajar

IPA Melalui Metode Demonstrasi. Kota Malang:

CV. Multimedia Edukasi.

Hidayat dan Suwandi. 2016. Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta. PT.

Luxima Metro Media.

Mardhiyah, dkk. 2013. Idenntifikasi Anak Berkebutuhan

Khusus Dan Strategi Pembelajarannya. Al Ta’dib,

, (1), Juli 2013.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif.

Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif,

cetakan ke-36, Bandung PT.Remaja

Rosdakarya Offset.

Nawir, dkk.2015. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk

Meningkatkan Ketrampilan Melukis Peserta Didik

Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Donri Kabupaten

Soppeng”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi

Pendidikan. 1, (1), 2015.

Nurjanah dan Marlianingsih. 2015. “Analisis Butir Soal

Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan”. Faktor

Jurnal Ilmu Pendidikan, II, (1), Maret 2015.

Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan

Teknologi”. Jurnal Kependidikan, 1, (1),

Nopember 2013.

Pertiwi, E.N. 2016. Efektifitas Penerapan Metode Multi

Sensori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan

Tulisan Awas Pada Anak Tunanetra Low Vision

Kelas 1 di SLBA A Yaketunis Yogyakarta. Ilmu

Pendidikan Luar Biasa. Universitas Negeri

Yogyakarta. Yogyakarta.

Putra, N.P.S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Orientasi

Dan Mobilitas Melalui Metode Demonstrasi Pada

Siswa Tunanetra Kelas 2 SLB A Yaketunis

Yogyakarta. Ilmu Pendidikan Luar Biasa.

Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Raharja, D. 2010. Sistem Pengajaran Modul Orientasi Dan

Mobilitas (SPMOM). Bandung. Universitas

Pendidikan Indonesia.

Rohendi, dkk. 2010. “Efeketifitas Metode Pembelajaran

Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar

Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ketrampilan

Komputer Dan Pengelolaan Informasi di Sekolah

Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan

Teknologi Informasi Dan Teknologi, 3, (1),

Juni 2010.

Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara Sebuah Interaksi

Komunikasin Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal

Ilmu Budaya, 11, (2), Febuari 2015.

Sijabat, M.T. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Ketrampilan

Penggunaan Tongkat Bagi Anak Tunanetra. EJupheku. Jurnal Ilmu Pendidikan Khusus, 1

(2), Mei 2012.

Sulthon. 2020. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Depok. PT. Rajagrafindo Persada.

Supena Asepe, dkk. 2022. Pendidikan Inklusi Untuk

ABK. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Wahyuno, Endro. 2013. Orientasi Dan Mobilitas.

Malang. Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i2.1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pamela Setya Kahayu, Ratna Tri Utami, Genesa Vernanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.