EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM KEMAMPUAN PENGGUNAAN TONGKAT BAGI ANAK TUNANETRA DI SLB A BINA INSANI KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
kemampuan siswa tunanetra dalam menggunakan tongkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode kuantitatif dengan Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dalam bentuk single subject
research (SSR). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan tes (dengan 24
soal). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisi antar kondisi. Temuan
penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan
penggunaan tongkat pada anak tunanetra kelas VI di SLB A Bina Insani. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan kemampuan penggunaan tongkat pada subjek penelitian yaitu dengan ditandai
oleh meningkatnya presentase kemampuan pada hasil tes setelah diberikan metode demonstrasi.
Pada sesi Baseline-1 rata-rata presentase kemampuan subjek sebesar 41,66%. Sedangkan Pada sesi
Baseline-2 setelah diberikan intervensi,rata-rata presentase subjek sebesar 95,80%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi memberikan efektifitas positif terhadap
kemampuan penggunaan tongkat pada siswa tunanetra kelas VI di SLB A Bina Insani.
Keywords
Full Text:
unduh PDFReferences
Atmaja, J.R. 2018. Pendidikan Dan Bimbingan Anak
Bekerbutuhan Khusus. Bandung. PT. Remaja
Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial &
Ekonomi Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif
untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik,
Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran.
Sidoarjo: Kencana.
Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Jakarta : Rajawali Pers.
Cahya Padholi, Deni.2016. Peningkatan Kemampuan
Orientasi Dan Mobilitas Anak Tunanetra Kelas V
di SLB A Yaketunis Yogyakarta Melalui Kegiatan
Pramuka. Ilmu Pendidikan Luar Biasa.
Universitas Negeri Yogyakarta. Yogayakarta.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Dan Sosial.
Bandung. Alfabeta.
Haryanto, Bhidju Roni. 2020. Peningkatan Hasil Belajar
IPA Melalui Metode Demonstrasi. Kota Malang:
CV. Multimedia Edukasi.
Hidayat dan Suwandi. 2016. Pendidikan Anak
Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta. PT.
Luxima Metro Media.
Mardhiyah, dkk. 2013. Idenntifikasi Anak Berkebutuhan
Khusus Dan Strategi Pembelajarannya. Al Ta’dib,
, (1), Juli 2013.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif.
Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif,
cetakan ke-36, Bandung PT.Remaja
Rosdakarya Offset.
Nawir, dkk.2015. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk
Meningkatkan Ketrampilan Melukis Peserta Didik
Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Donri Kabupaten
Soppeng”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi
Pendidikan. 1, (1), 2015.
Nurjanah dan Marlianingsih. 2015. “Analisis Butir Soal
Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan”. Faktor
Jurnal Ilmu Pendidikan, II, (1), Maret 2015.
Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan
Teknologi”. Jurnal Kependidikan, 1, (1),
Nopember 2013.
Pertiwi, E.N. 2016. Efektifitas Penerapan Metode Multi
Sensori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan
Tulisan Awas Pada Anak Tunanetra Low Vision
Kelas 1 di SLBA A Yaketunis Yogyakarta. Ilmu
Pendidikan Luar Biasa. Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.
Putra, N.P.S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Orientasi
Dan Mobilitas Melalui Metode Demonstrasi Pada
Siswa Tunanetra Kelas 2 SLB A Yaketunis
Yogyakarta. Ilmu Pendidikan Luar Biasa.
Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Raharja, D. 2010. Sistem Pengajaran Modul Orientasi Dan
Mobilitas (SPMOM). Bandung. Universitas
Pendidikan Indonesia.
Rohendi, dkk. 2010. “Efeketifitas Metode Pembelajaran
Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ketrampilan
Komputer Dan Pengelolaan Informasi di Sekolah
Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan
Teknologi Informasi Dan Teknologi, 3, (1),
Juni 2010.
Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara Sebuah Interaksi
Komunikasin Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal
Ilmu Budaya, 11, (2), Febuari 2015.
Sijabat, M.T. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Ketrampilan
Penggunaan Tongkat Bagi Anak Tunanetra. EJupheku. Jurnal Ilmu Pendidikan Khusus, 1
(2), Mei 2012.
Sulthon. 2020. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.
Depok. PT. Rajagrafindo Persada.
Supena Asepe, dkk. 2022. Pendidikan Inklusi Untuk
ABK. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Wahyuno, Endro. 2013. Orientasi Dan Mobilitas.
Malang. Universitas Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i2.1401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Pamela Setya Kahayu, Ratna Tri Utami, Genesa Vernanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.