" />--}}

Penggunaan Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri saat Menstruasi pada Siswa Tunagrahita Kelas XII di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung

Sulistiani Sulistiani, Dela Devita, Genesa Vernanda

Abstract


Keterampilan merawat diri saat menstruasi bagi individu (perempuan) termasuk anak tunagrahita menjadi hal yang penting untuk dikuasi, karena akan berpengaruh pada kesehatan reproduksi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 terdapat siswa tunagrahita kelas XII belum mampu melakukan perawatan diri saat menstruasi dengan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan merawat diri saat menstruasi siswa tunagrahita kelas XII di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung dengan menerapkan model pembelajaran SAVI pada proses kegiatan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI pada proses kegiatan belajar siswa dapat meningkatkan kemampuan merawat diri saat menstruasi pada siswa tunagrahita.


Keywords


merawat diri saat menstruasi, model pempelajaran SAVI, siswa tunagrahita

Full Text:

UNDUH PDF

References


Al Qur’an dan terjemahannya. (2020). Bandung: Al Qur’an Al Qosbah.

Annisah, Khoirun, & Edi Rianto. (2018). Pendekatan SAVI Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus; Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ardiyanto, Singgih. (2014). “Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Melalui Analisis Tugas Pada Tunagrahita Sedang Kelas I di SLB Limas Padang”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 3 Nomor 2, Padang: Universitas Negeri Padang.

Arischa, Suci. (2019). “Analisis Beban Belajar Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekan Baru”, JOM FISIP Volume 6 Edisi 1, Kepulauan Riau: Universitas Riau.

Aziz, Safrudin. (2015). “Pendidikan Sex Anak Berkebutuhan Khusus”. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Basuni, Muh. (2012). “Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan”. Jurnal Pendidikan Khusus Volume IX No 1, Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Chalimah, Siti Nur, dkk., “Kajian Tentang Pemanfaatan Model Pembelajaran SAVI dalam Mencari Hasil Belajar Siswa Disabilitas Intelektual Ringan”. Jurnal Tata Boga Volume 9 Nomor 2, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Creswell, John.W., (2015). “Pengantar Penelitian Mixed Methods”. (Terjemahan Hema Malini). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dalman. (2015). “Menulis Karya Ilmiah”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Delphie, Bandi. (2010). “Pembelajaran Anak Tunagrahita”. Bandung: Refika Aditama.

Desiningrum, Dinie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain

Dini. (2013, 4 Maret). "Pembalut Bekas Pakai Tak Perlu Dicuci?”. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2013/03/04/11140870/Pembalut.Bekas.Pakai.Tak.Perlu.Dicuci. 16 Maret 2021.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (2017). Pedoman Pembelajaran Peserta Didik Tunagrahita Pada Satuan Pendidikan Khusus. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djajadi, Muhammad. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Efendi, Mohammad. (2005). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelaianan. Bandung: Bumi Aksara.

Fadhilah, Anisa., Efendi, Jon., & Marlina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus; Volume 1 Nomor 1, Padang: Universitas Negeri Padang.

Firdaus, Novia Nuril & Hitipeuw. (2014). “Pengaruh Penggunaan Curiculum Based Measurement (CBM) terhadap Kemampuan Menulis Ejaan Anak Berkesulitan Belajar”, Jurnal Ortopedagogia Volume 1 Nomor 2, Jawa Timur: Universitas Negeri Malang.

Garnida, Dadang. (2016). “Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi A”, Kemendikbud: PPPPTK TK dan PLB Bandung.

Hardani, ddk. (2020).”Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif”, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Helmiati. (2012). “Model Pembelajaran”, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hesti, dkk. (2021). “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lampung”, Lampung: Universitas Muhammadiyah Lampung.

Islamy, Aesthetica & Farida. (2019). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Tngkat III”, Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 7 Nomor 1, Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Kemis & Rosnawati. (2020). “Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita”. Jakarta Timur: Luxima.

Meier, Dave. (2000). “The Accelerated Learning Hand Book”. (Terjemahan Rahmani Astuti). Bandung: Kaifa, PT Mizan Pustaka.

Munawaroh, Titin. (2020) “Peningkatan Kemampuan Pengembangan Diri Dalam Memakai Baju Melalui Teknik Shaping Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SLB KORPRI Kaumun”, Jurnal Pena SD Volume 05 Nomor 01, Jawa Timur: STKP PGRI Tulung Agung.

Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nikmah, Daimmatul, & Rusman. (2019). Implementasi Metode SAVI (Smomatic, Auditori, Visual, Intelektual) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI siswa Slow Learner di SMP Negeri 29 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam; Volume 8 Nomor 2, 1-9. Surabaya: Universitas Muhammdiyah Surabaya.

Prasanti, Ditha. (2018). “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehata”. Jurnal Lontar Volume 6 Nomor 1, 13-21. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Purwati, Yuni & Muslikhah, Ari. (2020). “Gangguan Siklus Menstruasi Akibat Aktivitas Fisik dan Kecemasan”, Jurnal Kebidanan dan Keperawatan ‘Aisyiyah Volume 6 Nomor 2, Yogyakarta: Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Rochyadi, Endang, Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita, file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR._BIASA/195608181985031-ENDANG_ROCHYADI/MODUL/PGSD4409-M6-LPK.pdf.

Sa’adah, Nailatus & Az Zavi, Ashif. (2020). “Hukum Seputar Darah Perempuan Dalam Islam”, Jurnal Perempuan dan Anak Volume 4 Momor 1, Jawa Timur: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Saputra, Agus Romdlon. (2015). “Pemahaman Tentang Taharah Haid Nifas dan Istihadah: Studi Kasus Ibu-ibu Jama’ah Muslimat Yayasan Darusalam Tropodo Sidoarjo”. Justitia Islamica Volume 12 Nomor 1, Jawa Timur: STAIN Ponorogo.

Saribanon, Nonon. dkk. (2016). Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam. Jakarta Selatan: Sekolah Pascasarjana Universitas Nasioanal.

Sinaga, Ernawati., dkk. (2017). ”Manajemen Kesehatan Menstruasi”. Jakarta: Universitas Nasional, IWWASH, Global One.

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. (2015). “Dasar Metodologi Penelitian”. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Somantri, T. Sutjihati. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2019). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B”, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2014). ”Metodologi Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujatmoko, Emmanuel. (2010). “Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan”. Jurnal Konstitusi Volume 7 Nomor 1, Jawa Timur: Universitas Airlangga.

Sunanto, Juang., Takeuchi, Koji., & Nakata, Hideo. (2005). “Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal”. Universitas Tsubaka: CRICED.

Syahrum & Salim. (2012). “Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Bandung:Cita Pustaka Media.

Taniredja, Tukiran., Faridli, Efi Miftah., & Harmianto, Sri. (2017). Model-model Pembelajaran Inovativ dan Efektif. Bandung:Alfabeta.

Umniyati, Helwiyah. (2020). Manajemen Kebersihan Menstruasi dan Pencegahan Perkawinan Anak. Jakarta Selatan:Pimpinan Pusat Muslimat NU bekerjasama dengan UNICEF-Indonesia.

UNISEF. (2016). Menstrual Hygiene Management (MHM). UNISEF.

Wardani, IG.A.K., dkk. (2010). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widya, Mamad, “Bina diri Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)”, http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195208231978031-MAMAD_WIDYA/Artikel_Bina_Diri.pdf.

Yuwono, Imam. (2020). Penelitian SSR (Single Subject




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i1.1166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sulistiani, Dela Devita, Genesa Vernanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.