" />--}}

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-6 MELALUI MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA AUTIS KELAS III DI SLBIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

Dedi Irawan, Yulvia Sani, Heni Herlina

Abstract


. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa autis dengan kemampuan  mengenal angka 1-6 belum berkembang dengan baik, seperti menyamakan, menyebutkan, menulis, dan menunjuk. Belum digunakannya media pembelajaran untuk mempermudah dalam penyampaian pada siswa. Sehingga siswa belum mampu untuk menangkap materi yang diberikan oleh guru. Melihat permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk memberikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-6 melalui media kartu domino pada siswa autis kelas III SD di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Penelitian ini  menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A, penelitian dilakukan dalam 3 fase yaitu Baseline-1, Intervensi, dan Baseline-2. Teknik pengumpulan data dengan dua tahap yaitu non tes dan tes tertulis, penyajian data diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase dan tampilan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian fase A1 dengan mean level sebesar 31,6% yang berarti kemampuan mengenal angka siswa masih kurang, pada fase intervensi kemampuan siswa meningkat dengan mean level sebesar 66,05%, dan setelah fase intervensi kemampuan siswa meningkat dengan mean level 85% pada fase A2. Berdasarkan hasil penelitian ini, membuktikan bahwa media kartu domino dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-6 pada siswa autis kelas III SD di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung.


Keywords


Siswa Autis, Mengenal Angka, Media Kartu Domino.

Full Text:

Unduh Artikel PDF

References


Desiningrum, R. Dinie, (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yoyakarta : Psikosain

Fitriyanti. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 dengan Media Gamabar Asosiatif di Kelompok B TK Budi Rahayu, Skripsi : Universitas Negri Yogyakarta

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Marienzi, Rani. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus; Volume 1, nomor 3

Mulyani, Rini.(2006). Permainan Edukatif Dalam Perkembangan Logic-Smart Anak. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sunanto, Juang.. (2005). Penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Pres.




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i1.1104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dedi Irawan, Yulvia Sani, Heni Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.