MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI MEDIA KANTONG HURUF BAGI SISWA AUTIS KELAS II DI SLBIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG
Abstract
media kantong huruf pada siswa autis kelas II di SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung.Jenis
penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) atau Penelitian dengan subjek
tunggal.Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu A-B-A’ Adalah Baseline-1 (A1), Intervensi
(B), danBaseline-2 (A2).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa autis kelas II yang bersekolah di
SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung yang mengalami hambatan kognitif.Peneliti mengumpulkan
data menggunakan observasi dan tes praktik.Teknik analisis data yang digunakan oleh penelitian
adalah analisis dalamkondisi dan analisis antar kondis.Dalam penyajian hasil penelitian digunakan
table dan grafik.Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa media kantong huruf
dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal Siswa Autis Kelas II. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya perolehan mean level yang diperoleh pada baseline-1 (A1)20.95%,
yang diproleh intervensi 61.32%, kemudian yang diperoleh baseline-2 (A2)63.99% .Hal tersebut
membuktikan ada kenaikan pada kemampuan mengenal huruf vokal sebelum dan sesudah di
berikan intervensi. Selain itu persentase data yang tumpang tindih overlap antara kondisi
fasebaseline-1 (A1) dan intervensi 0% dan fase intervensi dengan fasebaseline-2(A2) adalah sebesar
0%. Secara keseluruhan media kantong huruf berpengaruh positif dan dapat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal bagi siswa autis kelas II di SLBIT Baitul Jannah
Bandar Lampung
Keywords
Full Text:
Unduh Artikel PDFReferences
Adiningsih, Neni Utami. (2008). Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis Balita. Bandung: Semesta.
Antania, Tia & Sulthoni. (2015). Efektivitas Media Kereta Api Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Menyebutkan Bangun Ruang pada Siswa Tunarungu. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1) 1-4.
Christie, Phil 7. (2011). Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis. Jakarta: PT: Gramedia Pustaka Utama.
Desiningrum, Dinie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Gandana G, Oyon Haki P dan Tannie Yulia D. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1) 92-105. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7160
Jamaris, Martini.(2014). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Puspita, A. Sari, Padmadewi & Eka Wahyuni. (2019). Instructional Teaching Media to Promote Autistic Stundent’s Learning Engagement. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2) 58-65. https://doi.org/10.23887/jere.v3i2.20975
Runtukahu, Tombokan & Selpius Kandou. (2016). Pembelajaran Matematika DasarAnak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sartika, Yopi. (2013). Ragam Media Pembelajaran Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia.
Triandini, Yuli dan Sa’adatul Atiyyah. (2020). Penerapan Permainan Kereta Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1) 44-54. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/374
DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i1.1103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eko Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.