" />--}}

PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA SEDANG DI MASA TRANSISI MENUJU NEW NORMAL

Mia Widia Astuti, Natalia Tri Purwaningsih, Dela Devita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan SLB dalam menghadapi pembelajaran tatap muka kembali pada masa transisi pasca covid 19. Dalam penelitian kali ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan data-data fakta yang terdapat dari lapangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022. Dalam penelitian ini peneliti mengguanakan beberapa teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa guru lebih menyukai pembelajaran tatap muka sebab 1. pembelajaran luring lebih efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) 2. pada pembelajaran luring pengajar lebih mudah untuk berinteaksi langsung kepada peserta didik tanpa adanya suatu hambatan.


Keywords


new normal, pembelajaran, transisi, tunagrahita sedang.

Full Text:

Unduh PDF

References


Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3010–3019. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis

Devita, D., & Desmayanasari, D. (2021). Landasan Penyusunan Program. 4(2), 121–129.

Fadlilah, N. (2018). Hubungan antara mood dengan altruisme pada remaja. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 1(3), 22–32. http://digilib.uinsby.ac.id/26761/1/Nurul Fadlilah_J91214119.pdf

Hardani, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Nomor March).

Hendra, J. (2012). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dengan Pembelajaran Matematika Realistik pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 213–225.

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Goresan Pena Anggota IKAPI, 344.

Mayasari, N. (2019). Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(1), 111–134. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2847

Nuruddin. (2022). Aksentuasi Reinforcement Bagi Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 296–299.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rochyadi. (2012). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan Luar Biasa, 6.3-6.54.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Nomor April).




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v2i1.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mia Widia Astuti,, Natalia Tri Purwaningsih, Dela Devita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.