HUBUNGAN ANTARA SELF-CONTROL DENGAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA REMAJA DI RT. 33 - 34 SEKIP BENDUNG
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara kontrol diri dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran daring ada remaja di rt. 33-34 Sekip Bendung, Palembang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara kontrol diri dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran daring pada remaja di rt. 33 - 34 Sekip Bendung. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 180 remaja di rt. 33-34 Sekip Bendung. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat Ukur yang digunakan adalah skala kontrol diri dan penyesuaian diri. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20.0. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi (r) = 0,912 dengan skor yang didapatkan yaitu (R-square) = 0,832 dan p = 0,000 (p < 0,05 dan p < 0,01) yang berarti hipotesis yang diajukan diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kontrol diri dengan penyesuaian diri dalam pembelajaran daring pada remajadi rt.33-34 Sekip Bendung, Palembang. Kontribusi variabel kontrol diri dengan variabel penyesuaian diri yaitu 83,2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desmita, (2010). Psikologi perkembangan peserta didik, (Bandung: Remaja Rosdakarya) di akses pada 27 november 2020.
Calhoun, J. F., dan Acocella, J. R. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: Press Semarang.
Fatimah. Enung (2010). Psikologi perkembangan. Cetakan ke III. Bandung: Pustaka Setia.
Forzano, L. B., & Logue, A W. (19995). Self-Control and Impulsiveness in Childrenand Adults: Effect of Food Preferences. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, diakses melalui https:// doi.org/10.1901/jeab.1995.64-33 pada 25 november 2020.
Ghufron, M. Nur, Rini Risnawati S. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan edisi kelima. Jakarta: erlangga diakses melalui jurnal.unud.acid pada 27 nov 2020 17:22.
Santrock, John. 2012. Life Span Development: edisi ketiga belas. Jilid 1. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Hal 398.
Schneiders, A. A. 1984. Personal Adjusment And Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Wiston.
Sisdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Virus corona: Tak semua pengajar, siswa siap terapkan 'sekolah di rumah'”, BBC Indonesia, 18 Maret 2020, https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51906763, diakses pada 07 desember 2020 00:39.
DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v2i2.579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 MARDIANA 21 diana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JEIL INDEX