INTERPRETASI TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL ANAK HANA’S WONDERFUL JOURNEY KARYA SUCIA RAMADHANI DENGAN PENDEKATAN SASTRA FEMINIS
Abstract
Saat ini, karya sastra ikut andil dan berperan penting dalam dunia pendidikan. Sebagaimana manusia dewasa, anak juga membutuhkan pengajaran dan informasi. Sastra anaklah jawabannya, sastra yang sudah disesuaikan untuk dibaca dan didengar anak. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai peran tokoh perempuan dalam cerita Hana’s Worderful Journey Karya Sucia Ramadhani, yang diangkat berlatarbelakangkan kehidupan di tahun 1941. Tujuan dilakukannya penelitian novel anak Hana’s Wonderful Journey dengan metodologi penelitian sastra feminis ini, adalah untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca mengenai peran, kedudukan perempuan bahwa apa yang seperti umumnya dilakukan oleh laki-laki, perempuan juga dapat melakukannya dan berhak pula mendapatkannya. Di dalam penelitian ini juga bertujuan untuk meluruskan mengenai stereotipe-stereotipe yang selalu dilekatkan kepada perempuan, bahwa tidak semua streotipe-stereotipe yang dilekatkan kepada perempuan itu benar adanya.
Tokoh utama sebagai peran utama dalam cerita ini, tidak sebagaimana biasanya peran tokoh perempuan hanya sebagai pelengkap saja pada kebanyakan cerita. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan sastra feminisme dan menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan jenis metode teori dasar, serta menggunakan teknik interpretasi data untuk penulis mendapatkan hasil dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapat kesimpulan, sebagai berikut: (1) sikap tokoh perempuan; (2) hubungan dan interaksi dengan tokoh laki-laki; (3) persamaan hak-hak dan kesempatan; (4) peran dan kedudukan tokoh perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ma’ruf, Ali Imron. 2017. Pengkajian Sastra : Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta.
Andestend. 2020. Feminisme Sosialis Di Dalam Novel Mencari Perempuan Yang Hilang Karya Imad Zaki. Jurnal Ilmiah Korpus Volume 4 Nomor 2 (Online). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/8022. Diakses 23 Maret 2021.
Anggraini, Purwati. 2016. Citra Tokoh Perempuan Dalam Cerita Anak Indonesia (Sebuah Pendekatan Kritik Feminisme) dalam Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Volume 2, Nomor 1 (Online). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/4045 . Diakses 20 Maret 2021.
Emzir dan Rohman, Saiful. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.
Hermawan, Dani. Shandi. 2019. Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Jurnal Metamorfosis: Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bale Bandung Volume 12 Nomor 1 (Online). https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/125. Diakses 24 Maret 2021.
Ikhwani, Wahid Khoirul. 2013. Upaya Menumbuhkan Karakter Anak dalam Pembelajaran Sastra Anak dengan Model Play-Learning dan Performance-Art Learning di SDN Banyuajuh 4. Widyagogik Volume 1, Nomor 1. (Online). https://core.ac.uk/download/pdf/304736337.pdf. Diakses pada 4 Maret 2021.
Karim, Abdul . 2014. Kerangka Studi Feminisme (Model Penelitian Kualitatif Tentang Perempuan Dalam Koridor Sosial Keagamaan). Jurnal Fikrah, Volume 2, Nomor 1 (Online). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/550. Diakses 25 Maret 2021.
Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi, dkk. 2012. Sastra Anak Dan Kesadaran Feminis Dalam Sastra. Penerbit: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, November 2012.
Nuryani, Rina. Khaerunnisa. 2018. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Karanganyar: CV Al Chalief.
Olifia, Sandra. Representasi Feminisme Dalam Karya Sastra (Kajian Semiotika Novel “Eks Parasit Lajang” Karya Ayu Utami) . Jurnal UBM Volume 10 Nomor 2 (Online). https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/view/951. Diakses 23 Maret 2021.
Pradopo, Rachmat Djoko. Dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Hanindita Graha Widya, cetakan ke-3 Juni 2003.
Puspitasari, Anggun Citra Dini Dwi. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional Pada Siswa Sma Negeri 39 Jakarta). Jurnal SAP Volume 1 Nomor 3 (Online). file:///C:/Users/user/Downloads/1180-3888-1-PB%20(1).pdf. Diakses 25 Maret 2021.
Rachmawati, Ranti. 2016. Kolaborasi Bahasa dan Musik dalam Produksi Tater Musikal di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Mengenang Kiprah J. S. Badudu dalam Pengembangan Bahasa Indonesia. Kamis, 27 Oktober 2016.
Rahayu, Ira. 2014. Analisis Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Dengan Pendekatan Mimetik. Jurnal Deiksis Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 1 Nomor 1 (Online). https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/50/48. Diakses 24 Maret 2021.
Ramadhani, Sucia. 2010. Hana’s Wonderful Journey. Bandung: DAR! Mizan.
Safitri, Mentari Asih Lina Ayu. 2017. Kajian Feminisme Terhadap Novel Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Volume 6 Nomor 10 (Online). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22694. Diakses 25 Maret 2021.
Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penlitian Sastra Anak. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.
Wirasandi. 2019. Wanita Dalam Pendekatan Feminisisme. Journal Ilmiah Rinjani Volume 7 Nomor 2 (Online). https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/download/122/86. Diakses 25 Maret 2021.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v2i1.381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indah Nur Amalia, Khaerunnisa Khaerunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JEIL INDEX