PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR EDU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI
Abstract
Penelitian ini berdasarkan oleh rendahnya keterampilan menulis teks biografi dan rendahnya minat menulis peserta didik, oleh karena itu peneliti berupaya menerapkan model pembelajaran Read, Answer, Create, Discuss, and Explain (RADEC) berbantuan media Assemblr Edu dalam pembelajaran menulis teks biografi untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah guna memahami pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media Assemblr Edu terhadap keterampilan menulis teks biografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Permata 2 Bogor dengan melibatkan sampel yang berjumlah 65 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas MPLB 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas MPLB 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 peserta didik, pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (true experiment) dengan rancangan post-test-only. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat adanya pengaruh signifikan antara kelas eksperimen yang telah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media Assemblr Edu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis statistik menggunakan rumus uji-t, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig. (2-tailed) nilai probabilitas lebih kecil dari signifikan (0,00 < 0,05) berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai uji-t = 8,725, df = 63, dan sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan media Assemblr Edu terhadap keterampilan menulis teks biografi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Istiqomah, N., & Karim, A. (2018, March). Tahun Pelajaran 2017/2018 Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Islam Nu Pungkuran. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Paramita, R. W. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi 1.
Priadan A, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss. Deepublish.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif).
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56.
DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v5i2.2758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nisrina Jehan Naura, RATNA DEWI KARTIKASARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JEIL INDEX