Work Ethic Skill Of Students (WESS) Dukungan Kualitas KIHI Kaltara
Abstract
Kawasan industrial Indonesia atau KIHI diklaim sebagai Kawasan Industri hijau terbesar dunia yang berada di Kalimantan Utara,Kihi ditargetkan mulai beroperasi secara bertahap pada tahun 2023, 2024 sampai dengan 2029. Kalimantan Utara memerlukan dan harus mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyambut pembangunan KIHI, salah satunya melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Siswa-siswa harus memiliki yang Namanya hardskill,soft skill dan etos kerja yang meruoajan bagian dari karakter. Pengabdian ini telah dilakukan observasi dan wawancara awal ke Sekolah agar perlakuan atau kegiatan yang di berikan sesuai dengan sasaran. Selain itu kegiatan dirancang menjadi 6 kegiatan, dimana masing kegiatan diberikan perlakuan sesuai indikator serta pedoman untuk meng evaluasi kegiatan. Namun tetap sebelumnya diberikan pre test sesuai dengan indikator, hasil dari pre test menunjukkan siswa kurang terlihat memiliki etos kerja. Maka dari itu untuk meningkatkan etos kerja tersebut dilakukan lah beberapa kegiatan yaitu konsep diri, motivasi diri, pendampingan konseling, pendampingan sharing session Bersama manager salah satu Perusahaan di Kalimantan Utara tujuannya agar memahami soft skill apa saja yang harus dimiliki saat bekerja. Setelah dilakukan beberapa kali kegiatan, dilakukan lah sebuah post test sebagai bentuk evaluasi dari kegiatan. Berdasarkan hasil pretest menunjukkan perubahan perilaku siswa masih belum terlihat namun ada peningkatan pada pengetahuan siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chong, S. H., & Leong, F. T. L. (2017).
Antecedents of career adaptability in
strategic career management. Journal of
Career Assessment, 25(2), 268–280.
https://doi.org/10.1177/106907271562
Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009).
The relationship between career
adaptability, person and situation
variables, and career concerns in young
adults. Journal of Vocational Behavior,
(2), 219–229.
https://doi.org/10.1016/j.jvb.2008.12.00
Creswell, J. W. (2014). Research Design:
Qualitative, Quantitative and Mixed
Methods Approaches (4th ed.). Thousand
Oaks, CA: Sage.Gajali & Badar (2016).
Gunawan, W. (2014). Adaptabilitas karier :
strategi menghadapi afta dan
memanfaatkan bonus demografi. Journal
Noetic Psychology, 4(2)(1997), 110–126.
https://adoc.pub/adaptabilitas-karierstrategi-menghadapi-afta-danmemanfaatk.html
Hardianto, Y., & Sucihayati, R. B. (2019).
Hubungan adversity quotient dengan
career adaptability pada koas angkatan
fkg “x” di rsgm. Psibernetika, 11(2),
–90.
https://doi.org/10.30813/psibernetika.v
i2.1433
Herminsih, Adelherd. R. 2017. Pengaruh
Terapi Family Psikoeducation Terhadap
Kecemasan Dan Beban Keluarga Dalam
Merawat Anggota Keluarga Dengan
Skizofrenia Di Kecamatan Bola
Kabupaten Sikka Nusa Tenggara
Timur.Jurnal Keperawatan Marcephalon,
Volume 3 No. 2. 74
https://ejournal.stikeskepanjenpalembang.ac.id. Diakses pada tanggal
Juli 2020
Hirschi, A. (2009). Career adaptability
development in adolescence: multiple
predictors and effect on sense of power
and life satisfaction. Journal of Vocational
Behavior, 74(2), 145–155.
https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.01.00
Hou, Z. J., Leung, S. A., Li, X., Li, X., & Xu, H.
(2012). Career adapt-abilities scale-china
form: construction and initial validation.
Journal of Vocational Behavior, 80(3),
– 691.
https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.00
Kartikasari, R., Yosep, I., Sriati, A. 2017.
Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga
terhadap Self Efficacy Keluarga dan Sosial
Okupasi Klien Skizofrenia. Jurnal
Keperawatan Padjajaran Volume 5 No 2
http://jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jk
p/article/view/450 Diakses pada tanggal
Juli 2020
DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v2i2.2270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.