" />--}}

“Musik Daerah dan Bahasa Inggris: Sebuah kolaborasi siswa SD Kristen Satya Wacana Salatiga”

Deta Maria Sri Darta, Rindang Widiningrum, Ervin Suryaningsih, Gita Hastuti, Yudi Novrian Komalig

Abstract


Abstrak 

SD Kristen Satya Wacana (SD Lab) merupakan sekolah yang menjadi laboratorium dan berada di lingkungan kampus Indonesia mini, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Sekolah Lab dikenal dengan kualitas siswanya yang baik, khususnya dalam bidang bahasa Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) yang menaungi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, dan Seni Musik mengkolaborasikan musik daerah, dalam hal ini kolintang dan angklung dengan Choral Reading dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah karya baru yang merupakan sinergi di antara 2 bidang yang berbeda. Dosen dan mahasiswa dari ketiga prodi tersebut bekerja sama dengan guru dan siswa SD Lab (kelas 3 - 6) untuk menghasilkan pertunjukan penampilan bersama dalam acara di UKSW sehingga sekaligus merupakan bentuk promosi dari SD Lab kepada khalayak. Bukan promosi SD Lab saja namun juga promosi FBS karena penampilan tersebut ditayangkan secara online. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Pkm) yang didanai dengan pendanaan internal UKSW. Dari hasil luaran dari kegiatan ini diharapkan siswa SD Lab dapat lebih termotivasi untuk belajar dan menampilkan yang terbaik, khususnya dalam bidang seni daerah dan bahasa Inggris. Kegiatan ini diharapkan juga dapat menginspirasi kegiatan penelitian dan PkM yang merupakan kolaborasi dari beberapa bidang ilmu yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah karya baru yang segar dan inovatif. 



Keywords


Musik daerah, bahasa Inggris, choral reading, kolaborasi, penampilan

References


Celik, Pinar & Todd Lubart. (2017). When East Meets West. The Palgrave Handbook of Creativity and Culture Research (37-55). Pallgrave Macmillan.

Cheng, Ch-Ying & Angela Ka-yee Leung. (2013). Revisiting the Multicultural Experience–Creativity Link The Effects of Perceived Cultural Distance and Comparison Mind-Set. Social Psychological and Personality Science. 4(4), 475

Chiu, C.-Y., & Hong, Y.-Y. (2006). Social Psychology of Culture. Psychology Press.

Devianti, Rika & Suci Lia Sari. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al Aulia. 6(1), 21-36.

Fitriana, Irta. (2012). Menguasai Bahasa Inggris: Bekal Potensial Dalam Pengembangan Wirausaha. Jurnal Unipdu Jombang. 1(2), 1.

J, M. ., & Sumarta, S. (2022). The Use Of Individual Strategy On Choral Reading Method In Reading Classroom. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5989–5998. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6427

Leung, Angela K. Y., CHEN Jing, and CHIU Chi-Yue. (2011). "Multicultural Experience Fosters Creative Conceptual Expansion." Cultural Processes: A Social Psychological Perspective, edited by A. K. Y. Leung, C. Y. Chiu & Y. Y. Hong, 262-285. Cambridge: Cambridge University Press.

Ranuntu, G. C., & Golda C. Tulung. (2018). Peran Lagu Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. 4(1), 99-110.

Sari, MP., Eliwati, & Masyur. (2018). The Effect of Choral Reading Strategy on Students Reading Fluency Ability At The First Year in SMK Taruna Satria Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Vol 5 (2), 406-418.

Zarlin, Vania Melda, Jagar Lumbantoruan, Marzam. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di SMP Negeri 22 Padang. E-Jurnal Sendratasik. 7(1), 24.

Zorrela, N. (2017). Increasing the Students' Reading Comprehension Through Choral Reading Strategy at Seventh Grader of Private Islamic Junior High School Jami 'Al Kautsar Tapung Hilir. Medan: State Islamic University of North Sumatera.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v2i2.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats