PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-RAPOR PADA GURU SMKN 1 BRAJA SELEBAH

Rudi Hartono, Nina Ikhwati Wahidah, Kusuma Wardany

Abstract


Kegiatan pengisian data sekolah, data siswa maupun nilai akhir siswa di rapor pada sekolah SMK N 1 Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur selama ini dilakukan dengan tulis tangan (konvensional), yang memiliki kendala lama waktu pengolahan nilai, memiliki kecenderungan kesalahan perhitungan, jika rapor siswa hilang atau rusak tidak memiliki dokumentasi/ back-up dokumen serta bagi guru yang memiliki tulisan tangan yang kurang rapi akan sulit terbaca bagi siswa maupun orangtua siswa. Salah satu software yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan rapor siswa adalah Aplikasi E- Rapor. Aplikasi ini mudah untuk dipahami serta dapat mengatasi persoalan dalam pembuatan rapor siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi eRapor bagi guru-guru SMK N 1 Braja Selebah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop dan pendampingan berkelanjutan. Hasilnya para guru lebih memahami fungsi-fungsi pada aplikasi E-Rapor yang bermanfaat dalam proses pengisian rapor siswa, setiap guru berhasil membuat e-rapor mereka masing-masing, mereka setuju bahwa e-rapor lebih efisien dan efektif daripada pengisian rapor secara manual (konvensional) dan akan menggunakan e-rapor di sekolah mereka masing-masing.

References


Ace Suryadi dan Tilaar. 1993. Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anik Ghufron. 1997. antisipasi Problema Penyiapan dan Peningkatan Guru Memecahkan Masalah Pembelajaran Dalam Konteks Era Global. Cakrawala Pendidikan Edisi Mei 1994. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Balango, Iden. Dkk. Pelatihan Prosedur Penginputan Nilai Siswa Pada Aplikasi R-Rapor SMA Negeri 1 Lobbo Talaud. Jurnal Bakti Sekawan. 1 (2): 29-31. https://journal.sekawan-org.id/index.php/bakwan/article/download/ 165/119

Ruspandi. 2020. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penginputan Penilaian E-Rapor melalui Pelatihan TIK di SMP Negeri 1 Kertasari. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 1 (2): 167-177. https://www.sciencegate.app/ document/ 10.47387 /jira.v1i2.39

Ruspandi. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penginputan Penilaian E-Rapor melalui Pelatihan TIK di SMP Negeri 1 Kertasari. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 1 (2): 167-177. https://ahlimedia.com/jurnal/ index.php/jira/article/viewFile/39/34

Solichin, Achmad. Kristanto, Dwi. Impelemtasi dan Pelatihan Penggunaan E-Rapor Berbasis Web untuk Penilaian Siswa pada SMP Mitra Bintaro Kota Tanggerang. Jurnal Senabdikom. 1 (1): 1-3. https://conference. upnvj.ac.id/ index.php/senabdikom/article/view/149/0

Suyanto 2003. Sertfikasi Profesi Guru:Jaminan Pengakuan Sekaligus Ancaman. Seminar Nasional ”Merekonstruksi Profesi Guru Memasuki Era Global dan Otonomi” Semarang: UNESA.

Tilaar. 1991) Manajemen Pendidikan Nasional. Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v2i2.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats