" />--}}

PELATIHAN MEMBANGUN EKONOMI KREATIF MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM SENTRA INDUSTRI TAHU PEKON GADING REJO

Winia Waziana, Dita Novita Sari, Ricco Herdiyan Saputra, Eko Hendrawan

Abstract


Dunia industri di pedesaan biasanya adalah industri di sektor pertanian dan pangan. Pekon Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu adalah salah satu daerah yang memiliki industri dibidang pangan dari kedelai yaitu Tahu. Berbagai tantangan dan permasalahan kerap muncul untuk dapat mengembangkan usaha di era digital. Tantangan yang harus dihadapi adalah kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM akan media yang dapat digunakan untuk penyebaran informasi dan promosi, serta pelaku UMKM belum mampu memanfaatkan teknologi Sistem Informasi sebagai media pemasaran produk UMKM. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan sistem informasi kepada pelaku UMKM Pabrik tahu agar dapat memanfaatkan teknologi informasi khususnya menggunakan website sebagai media untuk mempermudah promosi dan proses transaksi jual beli. Kegiatan pelatihan ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pendekatan kepada pihak-pihak terkait agar kegiatan yang dilaksanakan mencapai tujuan dan tepat sasaran. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi digital marketing pada UMKM Pabrik Tahu menjadi langkah strategis bagi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis sebab dapat memperluas wilayah promosi dan penjualan. UMKM Pabrik Pembuatan Tahu Bu Lis dapat menyusun strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan terkait penggunaan teknologi digital dalam konteks pemasarannya. Dengan demikian, pabrik tahu mampu meningkatkan daya saing perusahaan, menjangkau target pasar yang lebih luas, serta meningkatkan kinerja usaha.

Keywords


Ekonomi Kreatif; Digital Marketing; UMKM

References


Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92.

Bukit, F. R. A., AS, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229–236.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106–134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(1), 12–16.

Muslihudin, M. (2020). Pengenalan Mobile Commerce Pada Anggota Koperasi Gentiaras Untuk Meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 300–305.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Satria, M. A., Adawiyah, R., & Kasymir, E. (2022). Pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga agroindustri tahu pada sentra industri tahu di Pekon Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 10(3), 327–333.

Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). Pemasaran Digital. Penerbit Widina.

Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, K., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v2i2.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats