PERAN HUMAS SMA MUHAMMADIYAH GADINGREJO DALAM MEMBENTUK CITRA DI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU
Abstract
Penelitian ini berangkat dari kegelisahan peneliti terhadap SMA Muhammadiyah yang sudah berdiri 29 tahun lamanya namun sekolah tersebut masih belum diminati oleh banyak masyarakat karena banyak siswa-siswi SMA Muhammadiyah yang sering terlambat sekolah dan cara berpakaian siswa-siswinya yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peran humas dalam membentuk citra di SMA Muhammadiyah Gadingrejo, yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui peran humas dalam membentuk citra. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa humas SMA Muhammadiyah Gadingrejo sudah menjalankan peran dan fungsinya sebagai variable pengaruh yaitu : Komunikator, Penghubung, Pendukung, dan Publikator dan sebagai variable yang dipengaruhi sebagai indikatorya yaitu : Persepsi, Kognisi, Motivasi , sikap, dan semua ini dalam kategori cukup baik, upaya pembentukan citra di SMA Muhammadiyah Gadingrejo belum optimal karena fasilitasnya kurang dan adanya peraturan yang tidak konsisten.
Full Text:
PDFReferences
Bahri, Asep Saiful, 2020,
Manajemen Humas Sekolah, Widina
Bhakti Persada, Bandung.
Cangara, Hafied, 2012, Pengantar
Ilmu Komunikasi, Raja Grafindo
Persada, Jakarta.
Cutlip, Scoot M, Allen H. Center,
dan Glen M.Broom, 2016, Effective
Public Relations Edisi Kesembilan,
Prenadamedia grup.
Djam’an Santori & Aan Komariah,
, Metodologi Penelitian
Kualitatif, Alfabeta, Bandung.
Moleong, Lexy J, 2016, Metodologi
Penelitian Kualitatif, Remaja
Rosdakarya, Bandung
DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v3i2.2117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.