" />--}}

AKSI KOLABORASI KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Hatimah, Karlina, Rahmatya Nurmeidina

Abstract


Berdasarkan hasil pre-test Asesmen Kompetensi Minimum yang diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah. Hal ini teridentifikasi dari tiga kompetensi kemampuan numerasi dengan nilai rata-rata siswa menjawab benar di bawah 60%. Kompetensi tersebut yaitu operasi bilangan, penyajian data dan identifikasi bangun data. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah  dasar melalui aksi kolaborasi pada program kampus mengajar. Kampus mengajar dilaksanakan dari bulan Februari hingga Juni 2024. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 5. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Masalah program diatasi melalui aksi kolaborasi yang mencakup program papan pintar perkalian, asistensi mengajar, pohon numerasi, ular tangga numerasi dan festival numerasi. Setelah pelaksanaan aksi kolaborasi diperoleh peningkatan hasil post-test pada kompetensi ketiga yang teridentifikasi sebagai masalah yaitu siswa mengalami peningkatan sebesar 20% pada kompetensi operasi bilangan, peningkatan sebesar 40% pada kompetensi penyajian data dan peningkatan sebesar 10% pada kompetensi untuk membangun data. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Aksi Kolaborasi Kampus Mengajar berhasil meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar.

Keywords


Aksi Kolaborasi; Kampus Mengajar; Kemampuan Numerasi

Full Text:

PDF

References


K. Hafidza, K. Saddhono, and A. Rakhmawati, “Implementasi Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SMK,” vol. 2, no. 3. pp. 141–159, 2024, doi: 10.61132/yudistira.v2i3.

I. I. Lisnawati, J. Julia, and P. D. Iswara, “Implementasi Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Di Sekolah Dasar,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 11, no. 5, p. 1555, 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i5.9016.

D. C. Rohim, “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar,” J. VARIDIKA, vol. 33, no. 1, pp. 54–62, 2021.

H. Y. Krisdiah, C. H. Mustofa, and A. Winarti, “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 6 JIMBUNG.” 2022.

A. Widiansyah and F. Fitriansyah, “Implementasi Kampus Mengajar Melalui Program Literasi Numerasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar,” in Implementasi Kampus Mengajar Melalui Program Literasi Numerasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar, A. Widiansyah and F. Fitriansyah, Eds. 2022, pp. 1–8.

T. Muhamad and F. Anugrah, Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Sds Abc Jakarta Utara). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara, 2021.

D. Noerbella, “Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 2, pp. 480–489, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i2.2087.

Kemendikbud and E. . 1st ed. ). (Ph. D. Asrijanty, “AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran.” Kemendikbud, 2020.

A. Fitriah Sari and I. Noor Aini, “Analisis Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan,” Anal. Literasi Numer. Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan, vol. 6, no. 2614–3097, pp. 11963–11969, 2022.

R. Arnida, T., Nurmeidina, “Analisis Kemampuan Keterampilan literasi dan numerasi siswa,” 2023.

L. M. Shabrina, “Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 916–924, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2041.

M. H. Setiawan et al., “Kemampuan Numerasi Siswa Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Posisi Garis Terhadap Lingkaran,” Hipotenusa J. Res. Math. Educ., vol. 6, no. 2, 2023.

A. Diyan Nurhasanah and H. Nopianti, “Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah.” pp. 166–173, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v7i2.2622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

 

 

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung.  p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X