PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PEMERAN BARISTA) BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi salah satu faktor siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika secara terkonsep sehingga menyebabkan siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang inovatif berupa Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Pemeran Barista) Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa. Subjek dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Pringsewu tahun Pelajaran . Metode riset yang digunakan adalah riset pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D Trianto, 2009, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa instrumen lembar validasi media, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa serta tes hasil belajar untuk mengetahui keefektifan media “Pemeran Barista”. Kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Pemeran Barista dilihat berdasarkan data angket respons siswa, didapatkan hasil perhitungan nilai kelayakan media sebesar 89%, maka media ini masuk dalam kriteria Baik/valid/efektif untuk digunakan. Dan berdasarkan data hasil tes akhir yang diujikan pada kelas uji didapatkan hasil perhitungan persentase siswa yang lolos KKM sebesar 69,67%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Setiawan E, Handayani N, Setiyono R, Hermansyah H, Ahmad A, Widyatmike W. Pemerataan Akses Pendidikan. J Sade [Internet]. 2(4):29–38. Available from: https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i4.1200
Jodi Jodi, Yuwaningsih DA. PENGEMBANGAN E-LKPD TRIGONOMETRI BERBASIS PROBLEM SOLVING. Hipotenusa J Res Math Educ. 2023;6(1):01–21.
Ilmiyah L, Rohim A, Aini KN. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA MONIKA (MONOPOLI ARITMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Hipotenusa J Res Math Educ. 2024;7(2):111–26.
Lestari F, Efendi D, Hardianti D. The Implementation Of Dakon Mathematics (Dakota) Learning Media With Discovery Learning Method. LINEAR J Math Educ [Internet]. 2024;5(1). Available from: https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.9363
Prehanto, A., Haryono, H., Raharjo TJ. A Curriculum Development of Coffee Barista Education. 2021;
Choi R, Lee H. A study on the experiential learning of baristas with developmental disabilities. Gonggong Sahoe Yeon-Gu. 2023;
Rais S, Verawardina U, Ambiyar A, Wakhinuddin W, Ramadhani D. The Effectiveness of Instructional Video Media in Coffee Knowledge Courses (Baristas. Vol. 9. 2020. p. 258.
Dailami S, Pratama T, Sipayung NO, Saputra A. Pelatihan Barista Untuk Siswa-Siswi Di SMK Al-Azhar Batam. J Keker Wisata [Internet]. 2024;2(2):261–271. Available from: https://doi.org/10.59193/jkw.v2i2.259
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta; 2015.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Surabaya: Kencana; 2009.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v8i1.2295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X