PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPI UNTA MENGGUNAKAN MODEL ASSURE PADA KELAS IV UPT SD N 3 SUMBERAGUNG

Fadillah Prabandari, Rara Adetia, Muhammad Shohibul Alam, Naufal Wicaksono

Abstract


 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development. Pengembangan media komik pada materi bangun datar kelas IV SD di latar belakangi oleh rendahnya minat dan motivasi peserta didik pada saat proses pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Dengan demikian,  perlu adanya media pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan saat pelaksanaan proses  belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media komik dan tingkat kelayakannya. Pengembangan media ini menggunakan model penelitian ASSURE sampai pada tahap evaluate and revise (evaluasi dan revisi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Sumberagung. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media komik melalui validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan guru. Hasil pengembangan produk media komik pada materi bangun datar diperoleh dari hasil validasi ahli dan tanggapan guru yang menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian media komik pada materi bangun datar kelas IV SD dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Komik, Model Assure, Bangun Datar.


Full Text:

PDF

References


Aziza, R., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2019). Efektivitas Think Pair Share dengan Komik Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 261. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.858

Busri, Hasan, Moh Badrih dkk.2021. Linguistik Terapan Konsep Pembelajaran dan Linguistik Mutakhir. Malang: Literasi Nusantara

Chaeruman, U. A. 2015. Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Infornasi dan Komunikasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mudrikah, Saringatun dkk. 2021.Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Cetakan Pertama, Surakarta: Pradina Pustaka.

Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. (Edisi Pertama). Jakarta: KENCANA

Lijana. 2018. Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Komik pada Materi Ekologi di Kelas X SMA.

Handayani, F., Witri, G., & Syahrilfuddin, S. (2023). pengembangan media pembelajaran komadi (komik matematika digital) berbasis etnomatematika pada materi geometri di sekolah dasar. aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 849-859.

Putri, P. O., Hidayati, I. S., & Febriana, R. (2023). implementasi media pembelajaran komik matematika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Intersections, 8(1), 1-9.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515.

Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172-182.




DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v8i1.2272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal)

 

 

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung.  p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X