PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMASARAN DAN PELATIHAN PRODUK DARI LIMBAH KULIT PISANG DI DESA PASI TIMON KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA
Abstract
Permasalahan utama yang dihadapi masyarakat Desa Pasi Timon adalah belum termanfaatkannya limbah kulit pisang sebagai sumber ekonomi serta rendahnya keterampilan produksi dan pemasaran digital. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk memberikan solusi melalui pelatihan pengolahan kulit pisang menjadi teh herbal bernilai ekonomi dan penguatan kemampuan pemasaran digital bagi masyarakat. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif, meliputi sosialisasi, demonstrasi proses produksi, pendampingan praktik langsung, pelatihan desain kemasan, serta pelatihan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam mengolah kulit pisang menjadi teh herbal serta meningkatnya pemahaman mereka mengenai strategi pemasaran digital. Peserta mampu menghasilkan produk siap jual dan mempromosikannya melalui media sosial dengan respon positif dari calon konsumen. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan berbasis potensi lokal dan pemanfaatan teknologi digital mampu meningkatkan kapasitas masyarakat dalam kewirausahaan. Program ini menyimpulkan bahwa pemberdayaan melalui pelatihan produksi dan pemasaran digital efektif dalam mendorong kemandirian ekonomi desa dan dapat dijadikan model pengembangan UMKM berbasis potensi lokal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. 2(2).
Banowati, T. N., & Silviana, W. (2023). Penggunaan Ekstrak Kulit Pisang Ambon Sebagai Baku Pembuatan Moutwash Herbal. 6(1), 27–33.
Khalidah, H., & Deba, P. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Produk Usaha Untuk Peningkatan Penjualan Dalam Marketing E-Business. 2(2), 124–133.
Nuryana, R. S., Jatnika, D. C., & Firsanty, F. P. (2025). PENDEKATAN PARTISIPATIF DALAM PROGRAM SOSIAL : TINJAUAN SISTEMATIS LITERATUR. 15(1), 35–47.
Rakhmawati, Y., Masita, R., Kartikasari, N., Lestari, S. R., Wahyuni, D. S., Amnun, I. M., Ningrum, S. H., & Qomaria, D. (2023). Pengolahan kerupuk kulit pisang sebagai inovasi pemanfaatan limbah bahan pangan. 6(204), 71–82. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.17386
Sagita, Z. H. D., Saputra, T. A., Hutagalung, J. P., & Pertama, J. (2025). Pengembangan Wirausaha Berbasis Lingkungan : Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Limbah Dan Produk Kreatif Di Kelurahan Betungan. 7(2), 57–62.
DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v4i2.4283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

1.png)


