Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Perkembangan Sosial Peserta Didik SD (Sikap Empati dan Toleransi) untuk Menerima Keberagaman

Nur Rahmadhani Sholehah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan multikultural dapat membentuk perkembangan sosial peserta didik sekolah dasar, khususnya dalam hal sikap empati dan sikap toleransi terhadap keberagaman. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan library research (kajian kepustakaan) teknik analisis data menggunakan penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pendidikan multikultural di sekolah dasar memiliki sifat yang sistemik dan holistik, sehingga perlu dikembangkan secara menyeluruh. Melalui pendidikan multikultural, peserta didik akan memahami keberagaman dan mampu mengembangkan rasa toleransi yang kuat. Salah satu strategi utama adalah integrasi kurikulum yang mencakup materi-materi yang beragam secara budaya. Guru dapat memasukkan cerita, sejarah, dan tradisi dari berbagai kelompok etnis dan budaya ke dalam setiap mata pelajaran. Penerapan pendidikan multikultural di sekolah dasar dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan keragaman budaya, diskusi kelompok serta pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru, serta kepedulian antar peserta didik.

Keywords


Pendidikan Multikultural, Perkembangan Sosial, SD, Empati, Toleransi.

References


Abu Bakar Rifa’i. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Suka Press.

Afdal, Thamrin, H., Sibaweh, I., Susanto, B. W., & Mashuri. (2024). Strategi Implementasi Karakter Toleransi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Masyarakat. Journal of Education Research, 5(4), 4777.

Ahmad, N. N. H., & Avifani, A. (2024). Analisis model penanaman nilai toleransi untuk mengurangi kekerasan siswa sekolah dasar: studi kasus di kabupaten Sragen. EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 372. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/4362/2156

Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan Multikultural untuk Membangun Bangsa yang Nasionalis Religius. Jurnal Civics, 13(1), 30. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/11075

Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 9(1), 30–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/5020

Anisah, A. S., Sapriya, Hakam, K. A., & Ernawulan. (2022). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak, dan Implikasinya terhadap Pembentukan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Judikdas Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 73.

Atmaja, T. S. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. JURNAL BASICEDU, 8(3), 1911.

Azzahra, C., Lestari, F., Zahratunnisa, N., & Sunaryati, T. (2023). Penerapan Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15810.

Baidhawi, Z. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.

Goleman, D. (1997). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional); Mengapa Lebih Penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, H. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Imron, M. (2009). Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Balai Litbang Agama.

Kamal, K. A., & Maknun, L. (2023). IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 8(1), 61. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/download/21938/16884/87058

Lexy J. Meleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Lubis, R., Rahmi, D. A., Kania, D. A., Suci, E. A., Pawira, S., Imelda, Andini, N., & Nadella. (2024). Masa Sekolah dan Perkembangan Anak Usia 6-12 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambuasi, 8(2), 22312. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/16492/12250/29857

Mariyah, S., & Nazaruddin. (2023). Implementasi Pengajaran Nilai-Nilai Toleransi melalui Pendidikan Akhlak Budi Pekerti pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(1), 2. https://dinastirev.org/JMPIS/article/download/1724/1017/4560

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–90.

Safaria, T. (2015). Autisme: Pemahaman Baru untuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua. Graha Ilmu.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan, Terj. Tri Wibowo B.S. Kencana.

Shabilla, S. P., & Suryarini, D. Y. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 420. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/download/841/536/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Yamin, M., & Aulia, V. (2011). Meretas Pendidikan Toleransi Pluralisme dan Multikulturalisme Keniscayaan Peradaban. Madani Media.

Yaqin, M. A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan keadilan. Pilar Median.

Yusuf, S. (2006). Perkembangan Anak & Remaja. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v4i1.3570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats