PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY SEKOLAH BINAAN YAMAHA PALEMBANG TERHADAP BRAND AWARENESS
Abstract
Brand awareness terbentuk dengan pelaksanaan CSR yang baik dan akan memberikan reputasi perusahaan yang baik pula di mata masyarakat serta sebaliknya pelaksanaan CSR yang dipandang kurang baik akan memberikan kesan buruk yang berpengaruh pada reputasi perusahaan dan kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan Yahama Palembang terhadap Brand Awareness (kesadaran merek) di kalangan siswa SMK di Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dan sampel dari siswa SMK PGRI dan Gajah Mada Palembang yaitu 45 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan uji normalitas dengan program SPSS. Hasil dari skor rata-rata dan persentase menunjukkkan keefektivan program CSR Yamaha Palembang. Hasil analisis sederhana menunjukkkan Program CSR berpengaruh positif terhadap Brand Awareness dan hasil dari nilai koefisien determinasi didapat R = 0,793 menunjukkan hubungan antara CSR (X) terhadap Brand Awareness (Y) adalah sebesar 79,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa CSR (X) dan Brand Awareness (Y) memiliki hubungan yang cukup erat. Angka Adjusted R Square sebesar 0,620 menunjukkan bahwa CSR (X) sebesar 62%. sisanya sebesar 38 % dijelaskan oleh faktor lain.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Brand Awareness, Sekolah Binaan Yamaha
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D, A. (2004). Ekuitas Merek, Edisi Indonesia. Jakarta: Mitra Utama.
Ambadar, Jackie. (2016). Corporate Social Responsibility dalam praktik di Indonesia. Jakarta: Elekmedia Komputindo.
Azheri, Busyra. (2011). Corporate Social Responsibility: dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta. PT. Rajagrafindo.
Kotler Phillip dan Nancy Lee. (2005). Corporate Sosial Responsibility, Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons Publisher.
Rachman, M.R., Asep Efendi dan Emir Wicaksana. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Bandung: Penebar Swadaya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v2i1.809
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.