Pengaruh Online Customer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Mahasiswa UMKO

Irma Amelinda, Hagi Julio Salas, Marini Marini, M. Mansyur

Abstract


Online customer review merupakan salah satu komponen yang tersedia di platform e-commerce shopee yang berisi penilaian dari yang mereka beli baik itu produk atau jasa yang diberikan oleh pelanggan atau konsumen lain. Online customer review saat ini menjadi salah satu factor yang cukup penting untuk membujuk para pelanggan agar melangsungkan transaksi di platform shopee. Tujuan penulisan artikel ini untuk melihat hubungan stimulus respon dari ulasan pelanggan terhadap Keputusan untuk membeli produk. Didalam penelitian ini peneliti memakai metode kuantitatif. Pengumpulan data dikerjakan menggunakan cara sebar angket / kuesioner kepada 49 responden dengan kualifikasi pernah melakukan transaksi di shopee dan melihat ulasan pelanggan yang ada. Pengujian data dikerjakan melalui aplikasi pengolahan data statistic IBM SPSS 30. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa stimulus respon ulasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap Keputusan untuk membeli produk terbukti dengan nilai sebesar 0,557 atau 55,7%. Hasil dari penelitian ini adalah ulasan pelanggan terbukti mempunyai dampak cukup besar terhadap Keputusan untuk membeli produk dan menjadi salah satu fitur penting. Temuan didalam artikel ini adalah para pelaku usaha e-commerce agar dapat meningkatkan kualitas produk dan interaksi dengan pelanggan Ketika ada ulasan buruk yang diberikan terhadap produk.

References


Agustina, L., Fayardi, A. O, & Irwansyah. (2018). Online review: Indikator penilaian kredibilitas online dalam platform e-commerce. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 141–154. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1320

Ahdiany, D. F. (2021). Pengaruh e-WOM dan kesadaran merek terhadap minat beli konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 3(1), 31–41. https://journal.uii.ac.id/NCAF/article/view/16365/pdf

Anagari, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Malangkucewara. Skripsi. STIE Malangkucewara, Malang, Indonesia. https://repository.stie-mce.ac.id/1583/

Cindy, M. A. (2023). Transaksi E-commerce Konsumen Usia Tua Terus Meningkat Ketimbang Gen Z dan Millenial. databoks.katadata.co.id https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/e3db959da18b8e6/transaksi-e-commerce-konsumen-usia-tua-terus-meningkat-ketimbang-gen-z-dan-milenial

Elfera, S. S. (2024). Pengaruh Iklan Live Streaming Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Oleh Sikap. Jurnal Riset Komunikasi https://doi.org/10.38194/jurkom.v7i2.1093

Firmansyah, M. A. (2018) Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.

Latifah, N., & Widayani, A. (2020). Pengaruh Perceived Usefullness dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce Shopee.BISMA:Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 14 No. 1,82-93. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550

Nugroho, A. T. (2021). Gamifikasi, Pemasaran di Era Digital: Studi pada Pengguna Game Fantasy Premier League di Indonesia. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2), 261–274. https://doi.org/10.38194/jurkom.v4i2.376




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v5i2.3105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.