" />--}}

“ENGKAU BERHARGA BAGIKU”: RELASI SAUDARA REMAJA YANG MEMILIKI SAUDARA KANDUNG DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER

Kadek Sintia Dwi Pramesti, Tience Debora Valentina

Abstract


Kehadiran anak dengan autism spectrum disorder (ASD) membawa tantangan tersendiri bagi saudara kandung disebabkan ASD sebagai gangguan yang menyebabkan terjadinya defisit pada interaksi sosial dan komunikasi. Karakteristik anak dengan ASD menyebabkan terjadinya beragam interaksi baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relasi saudara pada remaja yang memiliki saudara kandung dengan gangguan ASD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pencarian literature review melibatkan basis data Google Scholar serta SpringerLink dengan rentang tahun penerbitan mulai dari 2014-2024. Diperoleh 10 artikel terpilih yang yang tergambar melalui empat dimensi yaitu dimensi warmth atau closeness, relative status atau power, conflict, dan dimensi rivalry. Implikasi penelitian menunjukan adanya kebutuhan untuk mengidentifikasi faktor-faktor individual dan konteks sistem keluarga serta konteks lingkungan yang lebih luas untuk menemukan dinamika relasi saudara kandung dengan ASD. Selain itu, perlu adanya dorongan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mengelola ketegangan dan konflik dalam relasi bersaudara dengan ASD.


Keywords


autism spectrum disorder; literature review; remaja; relasi saudara

References


Ainsworth, M. S. 1989. “Attachments beyond infancy.” The American Psychologist 44:709–16.

Angell, Maureen E., Hedda Meadan, and Julia B. Stoner. 2012. “Experiences of siblings of individuals with autism spectrum disorders.” Autism Research and Treatment 2012:1–11. doi: 10.1155/2012/949586.

Annisa, Octavia, and Adiyanti. 2022. Tumbuh bersama saudara kandung autism spectrum disorder (asd) : pemaknaan sibling relationship pada remaja. Vol. 13.

Armanila, Lestari, Indah, and Veryawan. 2023. Perilaku anak autis : perkembangan dan penanganan. Vol. 5.

Artanti, Mellinda Dwi, and Primatia Yogi Wulandari. 2022. “Gambaran sibling relationship pada remaja awal yang memiliki saudara dengan gangguan spektrum autisme (gsa).” Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan 1:2. doi: 10.54443/sikontan.v1i2.361.

Beyer. 2009. Education and training in developmental disabilities focusing on individuals with cognitive disabilities/mental retardation, autism, and related disabilities.

Bowlby. 1969. Attachment and loss. Pimlico.

Braun, Virginia, and Victoria Clarke. 2006. “Using thematic analysis in psychology.” qualitative research in psychology 3(2):77–101. doi: 10.1191/1478088706qp063oa.

Brody, Gene H. 1998. “Sibling relationship quality: its causes and consequences.” Annual Review Psychology 49:1–24.

Chu, Shin Ying, Siti Nur Zafirah binti Kassim, Chun Hong Gan, Veronica Fierro, Caryn Mei Hsien Chan, and Deborah Hersh. 2023. “‘Sometimes i feel grateful…’: experiences of the adolescent siblings of children with autism spectrum disorder in malaysia.” Journal of Autism and Developmental Disorders 53(2):795–807. doi: 10.1007/s10803-021-05184-5.

Cicireli, Victor G. 1995. Sibling relationships across the life span. New York: Plenum Press.

Corsano, Paola, Alessandro Musetti, Laura Guidotti, and Francesca Capelli. 2017. “Typically developing adolescents’ experience of growing up with a brother with an autism spectrum disorder.” Journal of Intellectual and Developmental Disability 42(2):151–61. doi: 10.3109/13668250.2016.1226277.

Dewi. 2023. “Gambaran sibling relationship pada remaja dengan saudara kandung penyandang autism spectrum disorder.” 10(03):547–56.

Feinberg, Mark E., Anna R. Solmeyer, and Susan M. McHale. 2012. “The third trail of family systems: sibling relationships, mental and behavioral health, and preventive intervention in childhood and adolescence.” Clinical Child and Family Psychology Review 15(1):43–57. doi: 10.1007/s10567-011-0104-5.

Furman, Wyndol, and Duane Buhrmester. 1985. Children’s perceptions of the qualities of sibling relationships.

Green, Bart N., Claire D. Johnson, and Alan Adams. 2006. “Writing narrative literature reviews for peer-reviewed Journals: Secrets of the Trade.” Journal of Chiropractic Medicine 5(3):101–17. doi: https://doi.org/10.1016/S0899-3467(07)60142-6.

Hapsari, Rani Dwi, Asri Mutiara Putri, and Dita Fitriani. 2019. “Hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stres orang tua dengan anak penderita autisme.” PSYCHE: Jurnal Psikologi 1(2):74–84. doi: 10.36269/psyche.v1i2.101.

Kaminsky, Laura, and Deborah Dewey. 2001. “Siblings relationships of children with autism.” Journal of Autism and Developmental Disorders 31(4):399–410. doi: 10.1023/A:1010664603039.

Kristiana. 2016. “Perlukah membedakan?” pengalaman pengasuhan dalam keluarga yang memiliki anak autism spectrum disorder (asd) dan tipikal. Vol. 15.

Laurance, Jessica, Riris Loisa. 2019. Komunikasi interpersonal antara kakak dengan adik kandung berkebutuhan khusus (studi kasus pada kakak yang mempunyai adik kandung penyandang autisme).

Lazarus, R. S. 1993. From psychological stress to the emotions: a history of changing outlooks. Vol. 44.

Lestari. 2017. Gambaran pola sibling relationship pada adik usia remaja dengan kakak usia dewasa awal.

Ludlow A, Skelly C, Rohleder. 2011. “Challenges faced by parents of children diagnosed with autism spectrum disorder.” Journal of Health Psychology 17(5):702–11.

Mchale, Updegraff, and Whiteman. 2012. Sibling relationships and influences in childhood and adolescence.

Naibaho, Victoriana, and Tjoeng. 2017. Studi deskriptif mengenai sibling relationship pada remaja dengan saudara spektrum autisme (suatu studi mengenai sibling relationship pada remaja dengan saudara kandung penyandang spektrum autisme di yayasan “x” kota bandung).

Orsmond, Gael I., Hsin Yu Kuo, and Mailick Marsha Seltzer. 2009. “Siblings of individuals with an autism spectrum disorder: sibling relationships and wellbeing in adolescence and adulthood.” Autism 13(1):59–80. doi: 10.1177/1362361308097119.

Orsmond, Gael I., and Marsha Mailick Seltzer. 2007. “Siblings of individuals with autism spectrum disorders across the life course.” Mental Retardation and Developmental Disabilities Research Reviews 13(4):313–20.

Rezieka, Putro, and Fitri. 2021. Faktor penyebab anak berkebutuhan khusus dan klasifikasi abk.

Rivers, Jessica Wood, and Zolinda Stoneman. 2003. “Sibling relationships when a child has autism: marital stress and support coping.” Journal of Autism and Developmental Disorders 33(4):383–94. doi: 10.1023/A:1025006727395.

Rum, Yonat, Ditza A. Zachor, Yael Armony, Ella Daniel, and Esther Dromi. 2024. “Sibling relationships in families of autistic and typical children: similarities and differences in the perspectives of siblings and mothers.” Journal of Autism and Developmental Disorders. doi: 10.1007/s10803-023-06222-0.

Simatupang, and Handayani. 2015. Pola relasi saudara pada remaja yang memiliki saudara dengan gangguan spektrum autisme. Vol. 04.

Stefanil, and Yuliana. 2023. “Representasi kemampuan berkomunikasi penyandang autism spectrum disorder dalam film miracle in cell no. 7 (2022).” Triwikrama: Jurnal Multidispilin Ilmu Sosial.

Taylor Johnson, Mindy, Robert L. Williamson, Laura B. Casey, Michelle Stockton, and Susan Elswick. 2020. “Sibling relationships when one sibling has asd: a preliminary investigation to inform the field and strengthen the bond.” Children and Youth Services Review 116:105190. doi: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105190.

Trew. 2024. “Close relationships despite the challenges: sibling relationships and autism.” Journal of Autism and Developmental Disorders. doi: 10.1007/s10803-024-06412-4.

Vivona, Jeanine M. 2007. “Sibling differentiation, identity development, and the lateral dimension of psychic life.” Journal of the American Psychoanalytic Association 55(4):1191–1215. doi: 10.1177/000306510705500405.

Whiteman, McHale, Soli. 2011. “Theoretical perspective on sibling relationships.” Journal of Family Theory and Review 3(2):124–39.

Widyandari, Puspita, and Sanjiwani. 2022. Hubungan dukungan saudara kandung dengan komunikasi interpersonal pada anak autis di pusat layanan autis kota denpasar. Vol. 10.

Yanti. 2017. Studi fenomenologi pengalaman koping remaja yang memiliki saudara kandung dengan autisme di sekolah luar biasa kota Padang. Vol. 6.




DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v7i1.2596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

       

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats