PENERAPAN METODE TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN FOKUS BELAJAR SISWA KELAS A TK CEMPAKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode Token ekonomi dalam meningkatkan fokus belajar siswa kelas A TK Cempaka. Penelitian ini melibatkan 20 siswa sebagai subjek dan dirancang untuk mempertahankan konsentrasi siswa selama kegiatan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan motivasi intrinsik siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah daftar periksa pengamatan atau checklist. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat fokus siswasebelum diberikan perlakuan adalah sebesar 4,93 dan meningkat menjadi 6,05 sesudah diberi perlakuan. Hasil ini menunjukkan efektivitas metode token ekonomi secara signifikan meningkatkan fokus belajar siswa kelas A di TK Cempaka. Pemberian reward kepada siswa setelah berhasil menjawab pertanyaan dan proses mengumpulkan poin, metode ini berhasil meningkatkan fokus belajar siswa. Implikasi penelitian berupa potensi penerapan metode token ekonomi untuk jenjang pendidikan lainnya, khususnya dalam meningkatkan fokus dan motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aningsih, Z., Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the education character implemented? The case study in Indonesian elementary school. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Budiono, A. N. (2014). Meningkatkan solidaritas antar teman melalui bimbingan kelompok di SD Pondok Pesantren Al-Muttaqien semester genap tahun pembelajaran 2013/2014. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling, 2(2).
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fahrudin, A. (2012). Teknik Ekonomi Token dalam Pengubahan Perilaku Klien (Token Economy Technique in the Modification of Client Behavior). Informasi, 17(3), 139–143.
Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Lestariningrum, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK USIA DINI DI KOTA KEDIRI (STUDI PADA PAUD INKLUSIF YBPK SEMAMPIR, KECAMATAN KOTA, KEDIRI). 4.
Lubis, SAYA (2019). Mengingatkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas , 2 (1), 47-58.
Madiarti, E., Kurnia, N., & Sholihah, A. (2013). Peningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Media Berbantuan Bahan Alam di Paud Melati Kabupaten Lebong. Universitas Bengkulu.
Muriyawati, M., & Rohmah, F. A. (2016). PENGARUH PEMBERIAN TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 58. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5535
Mustafia, E., Sari, M. K., Sulistyowati, N. M., Ayu, E., Tyas, K. N., Wahyuningtyas, A. D., Kurnia, A. S., & Balangga, M. (t.t.). Penerapan Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo.
Prima, E., & Lestari, P. I. (2017). IMPLEMENTASI TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI. 1.
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v7i1.2588
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.