HUBUNGAN SELF CONSCIOUSNESS DAN BODY IMAGE DENGAN SELF PRESENTATION PENGGUNA INSTAGRAM

Dewi Safitri, Annisa Fitriani, Indah Dwi Cahya Izzati

Abstract


Self presentation erat kaitannya dengan bagaimana individu mempresentasikan dirinya di depan publik, ingin menunjukkan kesan yang baik di benak orang lain dan positif hal ini berkaitan dengan self conciousness atau kesadaran diri bahwa ia sadar menjadi objek sosial dan ingin dinilai baik, kemudian dengan body image atau citra tubuh yang dimilikinya dan ia  presentasikan  dimedia sosial Instagram.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self consciousness dan body image dengan self presentation pengguna instagram. Sampel dalam penelitian ini adalah 147 Mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self presentation ( = 0,940), skala self consciousness ( = 0,837) dan skala body image ( = 0,828). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan software JASP 16.0 For Windows, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel bebas dalam penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 27,6% dan 72,4 % dipengaruhi faktor diluar penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan self consciousness dan body image dengan self presentation pengguna instagram.

Keywords


Body Image; Self Presenttaion; Self Consciousness; Sosial Media; Instagram; Citra Tubuh

References


Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi kedua. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Bij de Vaate, N. A. J. D., Veldhuis, J., & Konijn, E. A. (2020). How online self-presentation affects well-being and body image: A systematic review. Telematics and Informatics, 47, 101316. https://doi.org/10.1016/j.tele.2019.10131

Cash, T. (2004). Body image: Past, present, and future. Body Image 1(1), 1–5. doi: 10.1016/S1740-1445(03)00011-1.

Fenigstein, A., Scheier, MF, & Buss, AH (1975). Kesadaran diri publik dan pribadi: Penilaian dan teori. Jurnal Konsultasi dan Psikologi Klinis, 43(4), 522–527. https://doi.org/10.1037/h0076760.

Junaidi, A. R. (2021). Pengaruh Harga Diri dan Citra Tubuh terhadap Presentasi Diri Secara Online pada Pengguna Instagram. 173.

Ningsih, T. S., & Rizal, G. L. (2020). STRATEGI SELF PRESENTATION PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM. Proyeksi, 15(2), 172. https://doi.org/10.30659/jp.15.2.172-181

Rozika, L. A., & Ramdhani, N. (2018). Hubungan antara Harga Diri dan Body Image dengan Online Self-Presentation pada Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 172. https://doi.org/10.22146/gamajop.36941

Roselyn J Lee-Won, Minsun Shim, Yeon Kyoung Joo, & Sung Gwan Park. (n.d.). Who puts the best ‘“face”’ forward on Facebook?: Positive self-presentation in online social networking and the role of selfconsciousness, actual-to-total Friends ratio, and culture.

Sa’diyah, S. A., & Fauziyah, N. (2021). Pengaruh Harga Diri dan Kesadaran Diri Terhadap Presentasi Diri Pada Remaja Pengguna Media Sosial. 13

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Vogel, E. A., & Rose, J. P. (2016). Self-reflection and interpersonal connection: Making the most of selfpresentation on social media. Translational Issues in Psychological Science, 2(3), 294–302. https://doi.org/10.1037/tps0000076.




DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v5i1.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

       

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats