PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN ASERTIVITAS KORBAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan keterampilan sosial untuk meningkatkan asertivitas korban bullying pada siswa sekolah dasar. Pengumpulan data menggunakan skala asertivitas, wawancara dan observasi. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Analisis menggunakan two related sample test dengan uji Wilcoxon dan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan pengaruh pelatihan keterampilan sosial untuk meningkatkan asertivitas korban bullying pada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap asertivitas korbanbullying pada siswa sekolah dasar nilai Sig 0,028 (p < 0.05). Artinya, pelatihan keterampilan sosial dalam penelitian ini dapat meningkatkan asertivitas korban bullying pada siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :