INTERNALISASI NILAI AKHLAQUL KARIMAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Fenomena masalah dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah menunjukkan pendidikan karakter masih bersifat over kognitif sehingga kesadaran diri untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam praktik kehidupan sehari-hari di sekolah juga belum optimal. Oleh karena itu perlu reorientasi paradigma pendidikan karakter menuju pendidikan yang lebih komprehensif. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji internalisasi nilai akhlaqul karimah dalam pendidikan karakter di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan sumber primer buku-buku pendidikan karakter dan dianalisis dengan menggunakan analisis konten. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai akhlaqul karimah yang bisa diinternalisasi dalam pendidikan karakter di sekolah adalah : 1) Ash-sbar (sabar, 2) syukur, 3) ikhlas, 4) Al-tawadhu’ (rendah hati), 5) Ash-shidq (benar), 6) Al-amanat (amanah), 7)Al-‘afw (pemaaf), 8) qona’ah
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :