PROFIL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KECENDERUNGAN DISKALKULIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesulitan belajar Matematika siswa sekolah dasar terhadap kecenderungan diskalkulia. Untuk mendeteksi kecenderungan diskalkulia dalam pembelajaran Matematika, penelitian ini menggunakan alat skrining diskalkulia berbasis gambar. Peran alat skrining diskalkulia berbasis gambar sebagai pendamping siswa, dapat mengenali dan memahami kondisi siswa sejak dini sehingga dapat memberikan metode pembelajaran yang tepat atau merujuk ke psikolog jika diperlukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Alat skrining didesain dengan gambar agar mengurangi kecemasan siswa yang akan dideteksi dan juga agar menarik siswa untuk mengerjakan item soal yang diberikan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi dan pengamatan. Analisis data dilakukan secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan teknik triangulasi (membandingkan memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan berhitung jenjang sekolah dasar di Purworejo menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memiliki kesulitan belajar, khususnya pada aspek membedakan simbol, operasi pengurangan nilai tempat, dan operasi perkalian.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :