FENOMENA HUBUNGAN PUBLIC RELATIONS DAN MEDIA MASSA

immawati asniar

Abstract


Public relations membutuhkan media dan media membutuhkan Public Relations. Inilah realita dalam pekerjaan seorang Public Relations. Seorang Public Relations dapat menyampaikan pesan-pesannya kepada stakeholders yang jumlahnya sangat banyak serta tersebar diberbagai tempat, hanya dengan menggunakan media massa. Sedangkan bagi media massa sendiri, praktisi Public relations merupakan sumber informasi untuk berita yang mereka buat.
Namun, fakta yang ada dilapangan sering kali berbeda dengan prinsip hubungan tersebut. Dalam realita yang ada, hubungan antara Public Relations dengan Media Massa dalam hal ini adalah Intitusi Media dan pekerja media termasuk wartawan sering kali dibangun hubungan yang tidak bagus. Bahkan tidak jarang hubungan antara Public Relations denga media massa justru berada pada hubungan yang diwarnai konflik. Hal ini disebabkan adanya perbedaan kepentingan. Institusi media dan pekerja media lebih menekankan pada kebenaran berita yang mereka buat, sedangkan Public Relations selalu menekankan pada pembangunan citra dari setiap berita yang mereka buat. Perbedaan kepentingan inilah yang sering kali menimbulkan konflik antara Public relations dengan media massa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.