Perbandingan Traditional Marketing dan Digital Marketing

Ratih (UIN Sultan Maulana Hasaanuddin Banten), Levi Gustiana (UIN Sultan Maulana Hasaanuddin Banten), Aida (UIN Sultan Maulana Hasaanuddin Banten), Aan Ansori (UIN Sultan Maulana Hasaanuddin Banten)

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai perbandingan traditional marketing dan digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan membandingkan kedua pendekatan ini yang sangat relevan untuk membantu pelaku bisnis memilih strategi pemasaran yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini mengaplikasikan metode dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data sekunder yang melibatkan pembacaan, pembelajaran, dan analisis berbagai jurnal, buku, serta artikel dari penelitian sebelumnya yang relevan dengan objek kajian. Pemasaran tradisional, yang meliputi iklan televisi, radio, papan reklame dan lainnya, memiliki kekuatan dalam menciptakan kesan mendalam dan menjangkau audiens lokal yang kurang terpapar teknologi digital. Namun, metode ini sering kali memerlukan biaya yang lebih tinggi dan kurang fleksibel dalam pengukuran hasil. Di sisi lain, pemasaran digital menawarkan keunggulan dalam jangkauan global, personalisasi, biaya yang lebih terjangkau, serta kemampuan untuk menganalisis performa kampanye secara real-time. Kekurangannya terletak pada potensi information overload dan kebutuhan akan pengetahuan teknologi yang memadai. Hasil analisis menunjukkan pemasaran tradisional dan pemasaran digital keduanya memiliki peran yang penting dalam strategi pemasaran masa kini, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Keberhasilan kedua pendekatan ini sangat bergantung pada konteks dan tujuan yang ingin dicapai, di mana kombinasi antara pemasaran tradisional dan pemasaran digital sering kali menjadi pilihan terbaik untuk meraih hasil maksimal dalam pemasaran saat ini.

Full Text:

PDF

References


Amrin, Abdullah. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Andini, Mira, and Ulil Albab. "STRATEGI PEMASARAN FASHION HIJAB DI ERA GEN Z DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH PADA TOKO VEE STORE: HIJAB FASHION MARKETING STRATEGY IN THE GEN." JOURNAL ISLAMIC ECONOMICS AD DIWAN 4, no. 2 (2025): 79-88.

Albab, Ulil, Heri Sutopo, and Dona Algarini. "Kontribusi Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) terhadap Perkembangan Sektor Ekonomi Kota Bandar Lampung." Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 10, no. 2 (2024): 527-535.

APJII. “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.” https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang, February 7, 2024.

Dewi, Citra Kurnia, Ulil Albab, and Heri Sutopo. "PENDISTRIBUSIAN ZAKAT BERBAIS MASJID (STUDI KASUS DI MASJID ISTIQLAL LAMPUNG TENGAH)." J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah) 7, no. 2 (2024): 1-11.

Deka, Cindy Firstiananda, and Alifah Niser. “Perbandingan Strategi Pemasaran Tradisional Melalui Influencer Dalam Mempengaruhi Minat Beli Pada Audiens Muda.” Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis 2, no. 1 (2024): 280.

Frihatni, Andi Ayu. “Analisis Perbandingan Pendapatan Pedagang Pakaian Tradisional Dengan Pendapatan Bisnis Online.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen 5, no. 1 (April 25, 2022): 1–8. https://doi.org/10.35326/jiam.v5i1.1980.

Febiana, Putri, and Ulil Albab. "Analisis Pengaruh Tempat Wisata Kampoeng Vietnam Terhadap Perkembangan UMKM Dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Bandar Lampung." SYIRKAH: Jurnal Ekonomi Syariah 1, no. 1 (2024): 55-62.

Greetnusaa. “13 Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing Untuk Bisnis.” https://greatnusa.com/article/kelebihan-dan-kekurangan-digital-marketing, May 5, 2023.

Hananto, Djoko, Indah Aulia Khairun Nisa, Siti Nur Alfiyah, Sabira Zilvi Atikah, Indana Zulfa Hasanah, and Ahmad Miftah Ridho. “TRANFORMASI PEMASARAN TRADISIONAL TERHADAP PEMASARAN DIGITAL DENGAN PERAN MEDIA SOSIAL,” 2024. https://ijurnal.com/1/index.php/jipn.

Hasan, M Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia, 2002.

Huang, Minxue, and Tong Liu. “Subjective or Objective: How the Style of Text in Computational Advertising Influences Consumer Behaviors?” Fundamental Research 2, no. 1 (2022).

Huda, Nurul. “Peluang Dan Tantangan Dan Dampak Digital Marketing Di Era Society 5.0.” Jurnal Keislaman Terateks 6, no. 2 (2021): 133–34.

Izza. “Traditional Marketing: Kelebihan, Kekurangan, Dan Perbedaannya Dengan Digital Marketing.” https://bigevo.com/blog/detail/traditional-marketing, March 18, 2022.

Nurmalina, Rita, and dkk. Pemasaran: Konsep Dan Aplikasi. Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2015.

Octafia, Sri Mona, Rida Rahim, Syafrizal, and Hendra Lukito. “Analisis Perbandingan Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Kota Padang” 4, no. 4 (2024).

Permata, Niken Ayu, and Ulil Albab. "Dampak Fintech Terhadap Performa Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia (Studi Empiris Pada OJK Periode 2020-2023)." SYIRKAH: Jurnal Ekonomi Syariah 1, no. 1 (2024): 39-54.

Rauf, Abdul, and dkk. Digital Marketing: Konsep Dan Strategi. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Tri Wibowo, Kresno Ario, and Eko Setiyawan. “STUDI PERBANDINGAN EFEKTIVITAS IKLAN FACEBOOK VERSUS IKLAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS.” Vol. 5, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:

             


Editor and Administration Address:

Syirkah: Jurnal Ekonomi Syariah is published by LPPM MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF LAMPUNG

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, 35132