Tantangan Dan Solusi Pengembangan Industri Halal Di Indonesia: Menuju Menjadi Pusat Halal Global
Abstract
Tujuan utama pemerintah dalam meningkatkan ekonomi halal dan menumbuhkan pasar halal global saat ini adalah pengembangan sektor halal Indonesia. Meskipun demikian, rendahnya persentase produk UMKM yang memiliki sertifikasi halal, kurangnya sistem jaminan halal yang fungsional, dan ketergantungan industri yang tinggi terhadap impor bahan baku-yang sangat penting bagi kehalalan-merupakan beberapa kesulitan yang dihadapi sektor halal Indonesia. Implementasi strategi pengembangan sektor halal Indonesia membutuhkan pendekatan yang komprehensif, yang mencakup peningkatan infrastruktur fisik, transformasi digital, dan peningkatan penerimaan produk halal di pasar luar negeri, untuk mengatasi hambatan ini. Selain itu, kebijakan yang lebih terbuka terhadap potensi dan risiko halal serta antusiasme yang meningkat di kalangan investor individu dan swasta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan membantu para pelaku usaha. Dengan pendekatan ini, Indonesia memiliki potensi untuk mendominasi pasar halal global dan memantapkan diri sebagai pusat sektor halal.
Kata Kunci: Industri Halal Indonesia; Pusat Halal Global; Tantangan dan Solusi.
Full Text:
PDFReferences
A’yun, Indanazulfa Qurrota. “Comparative Analysis of Potential Halal Product Exports of Indonesia in ASEAN+ 3 Countries.” FIDUSIA: JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN 4, no. 1 (2021).
Abdurrofi, Fida, Ulil Albab, Mawardi Mawardi, and Sri Choiriyati. "Utilization of Digital Marketing by Sharia Economics Students at UIN Raden Intan in Online Business." ProBusiness: Management Journal 14, no. 4 (2023).
Amorcha, Videa Dinda, Ulil Albab, Nina Ramadhani Wulandari, Abizar Abizar, and Muhammad Rizkal Fajri. "Implementasi Akad Gadai Sawah Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Durian Kebupaten Pesawaran)." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (2023): 4834-4842.
Albab, Ulil, and Wulandari Wulandari. "Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Rangka Pemberdayaan Umat Di Kecamatan Terbanggi Besar." In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, vol. 1, pp. 373-383. 2019.
Albab, Ulil. "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah (Studi di Bank Sampah BANGKIT Pondok 1 Widodomartani, Ngemplak, Sleman DI Yogyakarta)." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2019): 47-59.
Albab, Ulil. “KEADILAN PENDAPATAN DENGAN PENGUPAHAN SISTEM BAGI HASIL.” Mu’amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 6, no. 2 (2023): 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.36269/mualamatuna.v6i2.2494.
Andy Lesmana. “Perkembangan Industri Halal, Potensi Dan Strategi Pengembangan,” 2023.
Aryadita, Bimo Putra, Ruslaini Ruslaini, and Ulil Albab. "ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KSPPS BTM BiMU." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 3, no. 2 (2020): 31-40.
Arif, Zainal. “Halal Product Business Between Opportunities and Challenges , Problematics and Their Solutions Bisnis Produk Halal Antara Peluang Dan Tantangan , Problematika Dan Solusinya.” Al-Ulum 20, no. 1 (2020): 274–94.
BPJPH. “Indonesia Masuk Tiga Besar SGIE Report 2023, BPJPH: Penguatan Ekosistem Halal Makin Menunjukkan Hasil Positif’, 2023.” Indonesia Masuk Tiga Besar SGIE Report 2023, BPJPH: Penguatan Ekosistem Halal Makin Menunjukkan Hasil Positif’, 2023, 2023.
Faruq, Muhammad, Ulil Albab, and Heri Sutopo. "PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS FILANTROPI ISLAM DI LEMBAGA KEAGAMAAN." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 7, no. 1 (2024): 41-51.
Haryono, H. “Strategi Pengembangan Industri Halal Di Indonesia Menjadi Top Player Global.” Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis …, no. September (2023): 689–708. https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.4918.
Haryono, Haryono, and Raudya Pertiwi. “Regulasi Lembaga-Lembaga Fasilitator Sebagai Penentu Arah Kebijakan Operasional Bank Syariah.” Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 4, no. 01 (2020): 37–51.
Hendri Hermawan Adinugraha, Rizky Andrean, Wahyudin Ali Ikhrom, Restu Aurora Gita Setyani, Hidayatul Sibyani, Fitri Mukarromah, Ummu Hani Fauzi, Ali Ifiandri, Ika Masruroh, Anis Safitri, Sah Ikhlas. Perkembangan Industri Halal Di Indonesia. Edited by Achmad Tubagus Surur. Vol. 13. SCIENTIST PUBLISHING Jl., 2022.
Heri Kurniawan. “Mewujudkan Indonesia Sebagai Raja Industri Halal Dunia,” 2023. https://febi.uinsalatiga.ac.id/mewujudkan-indonesia-sebagai-sebagai-raja-industri-halal-duni/.
Herlinda, Herlinda, Suhardi M Anwar, and Andi Rizkiyah Hasbi. “Strategi Pemasaran Harga Dan Promosi Olahan Coklat UMKM Koperasi Tani Cahaya Sehati Dengan Perspektif Islam Di Desa Bringin Jaya.” Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 7, no. 01 (2023).
Istiqlal, Fais. “Membangun Global Halal Hub Indonesia: Strategi Dan Peluang Untuk Mencapai Kompetitif Di Pasar Global.” Halal Research Journal 3, no. 2 (2023): 72–85.
KNEKS. “MASTER PLAN Executive Summary,” 2023.
Kusnadi, Moh. “Problematika Penerapan Undang-Undang Jaminan Produk Halal Di Indonesia.” Islamika 1, no. 2 (2019): 116–32.
Masyithah, Siti, Ulil Albab, and Nina Ramadhani. "Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Toko Dikromoshop Perspektif Ekonomi Islam." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022).
Masruroh, Nikmatul. “The Competitiveness of Indonesian Halal Food Exports in Global Market Competition Industry.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 11, no. 1 (2020): 25–48.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. “UU No.33 Tahun 2014 (2014).” UU No.33 Tahun 2014, no. 1 (2014).
Permata, Rio Jaya, and Ulil Albab. "PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM JUAL BELI MARKETPLACE." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 7, no. 1 (2024): 17-27.
Permana, Adi. “Tantangan Dan Peluang Industri Halal Di Indonesia Dan Dunia.” Institut Teknologi Bandung, 2019.
President of The Republic of Indonesia. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.” Goverment of The Republic of Indonesia, no. 086085 (2021): 1–110.
Prof. Dr. Euis Amalia M.Ag Dr. Indra Rahmatillah SH., MH Dr. Bukhari Muslim, LC. “Penguatan Ukm Halal Di Indonesia, Samudra Biru,” 2024.
Randeree, Kasim. “Demography, Demand and Devotion: Driving the Islamic Economy,” 2019.
Refaldi, Nofan, and Ulil Albab. "PERAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN PENGRAJIN TALI TENUN PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM." Jurnal Ilmu Ekonomi 2, no. 2 (2023): 59-70.
Reka, Novia, Ulil Albab, and Sofyan Harahap. "Tinjauan Transaksi Produk di Bank Sampah Sejahtera Kemiling Perspektif Ekonomi Islam." El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2024): 1240-1249.
Rimayanti, Rimayanti. “Industri Halal Dan Muslim Kelas Menengah: Peluang Dan Tantangan.” JEPP: Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Pariwisata 2, no. 2 (2022): 64–74.
Supian Sauri. “Indonesia: Pemain Penting Di Panggung Global Industri Halal,” 2023.
Thamrin, Husni, and Zulfadli Nugraha Triyan Putra. “Overview Industri Halal Di Perdagangan Global.” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022): 72–81.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING:
Editor and Administration Address:
Syirkah: Jurnal Ekonomi Syariah is published by LPPM MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF LAMPUNG
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, 35132