PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perempuan dan pendidikan dalam novel Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah novel Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer yang menggambarkan adanya hubungan antara perempuan dan pendidikan. Selain itu, juga dikumpulkan data yang berhubungan dengan informasi tentang perempuan dan pendidikan pada zaman Kartini. Analisis data dilakukan dengan analisis wacana kualitatif interpretatif dengan pendekatan feminisme, melalui kegiatan kategorisasi, tabulasi, dan inferensi. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, analisis aspek perempuan pada novel Panggil Aku Kartini Saja terdapat bentuk feodalisme dan patriarki. Kedua, analisis aspek pendidikan pada novel Panggil Aku Kartini Saja terdapat bentuk deskriminasi, pendidikan barat, dan seni rakyat. Ketiga, analisis aspek perempuan dan pendidikan dalam novel Panggil Aku Kartini Saja terlihat adanya pendidikan feminis, pemikiran kritis, dan emansipasi wanita.
Kata Kunci: perempuan, pendidikan, novel Panggil Aku Kartini Saja
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v2i2.614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Oktavia - Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JEIL INDEX