" />--}}

KEEFEKTIFAN APLIKASI MYBEST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

Rd Bily Parancika

Abstract


Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini Adapun maksud dari pemilihan pendekatan ini, agar peneliti dapat memahami suatu fenomena maupun kejadian yang dialami oleh subjek penelitian dalam hal ini ditinjau dari segi anggapan, motivasi mupun tindakan dengan cara mendeskripsikan kata-kata yang diungkapkan oleh subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi Mybest sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Bahasa Indonesia melalui persepsi subjek. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena mahasiswa mengganggap mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang tidak menantang. Dengan demikian, penelitian ini mendeskripsikan mengenai bagaimana penggunaan aplikasi tersebut dapat membantu pembelajaran dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Hasil temuan dan pembahasan menunjukan bahwa penggunaan aplikasi Mybest efektif digunakan dalam mata kuliah Bahasa Indonesia.

 

Kata kunci : Mybest, Media Pembelajaran dan Bahasa Indonesia


Keywords


Mybest, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Iswatiningsih, D., Fauzan, Dluhayati, dan Yanti K. L. 2021. Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP.

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, dalam Journal Indonesian Language Education and Literature, Vol. 3, No. 1, Desember 2017.

Nurmaliah, Siti dan Nunung Nursyamsiah. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19, dalam Jurnal Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2, Nomor 2, 2020, pp 142-152 e-ISSN:2714-9862.

Pribadi, B. A. (n.d). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yusuf, A. M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

https://elearning.bsi.ac.id/jadwal, diakses pada 7 Mei 2021 pukul 21:12 WIB.

https://www.youtube.com/channel/UCmO8iYydeaZbNIkyUe1NyHA/videos, diakses pada 7 Mei 2021 pukul 21.20 WIB




DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v2i1.389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rd Bily Parancika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JEIL INDEX