PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM CIHERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode role playing terhadap peserta didik kelas VIII SMP Islam Ciherang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiment dengan menggunakan desain penelitian The one Grup Pretest-Posttest yang merupakan salah satu jenis dari Pre-eksperimental. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Data penelitian yang dilakukan ini adalah hasil tes kerja/penugasan menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Islam Ciherang sebelum menggunakan metode role playing dan setelah menggunakan metode role playing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh metode role playing terhadap kemampuan menulis berita peserta didik kelas VIII SMP Islam Ciherang, dapat dilihat dari kemampuan menulis sebelum menggunakan metode role playing (pre-test), nilai rata-rata yang diperoleh adalah 49,33 termasuk kedalam kategori rendah dan kemampuan menulis setelah menggunakan metode role playing (post-test) nilai rata-rata yang diperoleh adalah 73,21 termasuk kedalam kategori tinggi. Sedangkan dari data hasil uji-t, dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima pada taraf signifikan 95 % dk= n-1 karena thitung > ttabel (26,230 > 2,042). Berdasarkan data tersebut dapat dismpulkan bahwa penggunaan metode role playing berpengaruh terhadap kemampuan menulis berita peserta didik kelas VIII SMP Islam Ciherang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v4i2.2172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 eni susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JEIL INDEX