" />--}}

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DI KELAS V SD N 5 WATES

Denta Kesdik Pawenang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui model CIRC. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi sebagai pengumpulan datanya. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian bahwa penerapan model CIRC dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas V SD N 5 Wates dalam menentukan ide pokok paragraf. Hasil siklus I rata-rata sebesar 69,10 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,32. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil data perolehan observasi kegiatan saat pembelajaran. Jika diprosentasekan hasil penelitian pada siklus I sebesar 60,52% dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,05% dengan kategori sangat baik.


Keywords


CIRC, Ide Pokok, Model Pembelajaran, Paragraf

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v4i1.1579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Denta Kesdik Pawenang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JEIL INDEX