Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Menggunakan Media Comic Strip pada Siswa Kelas IX G SMPN 26 Bandar Lampung

Lilis Kenwening

Abstract


Fokus penelitian ini didasarkan permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia materi teks cerita inspiratif di kelas IX G SMPN 26 Bandar Lampung. Hasil karya siswa tidak menarik dan tidak memberikan inspirasi bagi pembaca. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa siswa terus mengalami kesulitan untuk menyampaikan ide untuk menulis teks yang menarik. Selain itu, mereka tidak memahami struktur cerita inspiratif dan kesulitan merangkai cerita. Berdasarkan latar belakang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)  motivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan  menulis teks cerita inspiratif setelah menggunakan media komik strip; dan 2) seberapa besar peningkatan yang dialami siswa sebagai hasil dari penggunaan media komik strip. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IX G SMPN 26 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan model siklus yang pengamatannya dilakukan dalam dua siklus dengan instrumen observasi, lembar kerja peserta didik, dan  angket  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah menggunakan media komik strip dan 2)  peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai ketuntasan belajar dari 48% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa komik strip dapat meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa saat mereka menulis teks cerita inspiratif.

 

Kata Kunci: menulis, teks cerita inspiratif, media comic strip

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v4i1.1553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilis Kenwening

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JEIL INDEX