Fun Realistic Mathematic Education Berbasis Local Technology dan Penggunaan Media Geoboard Dalam Pembelajaran Geometri Siswa

Fungky Marian, S.Pd., M.Pd

Abstract


Pembelajaran geometri di sekolah dasar sering menghadapi tantangan berupa rendahnya minat siswa dan kurangnya pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geometri melalui penerapan Fun Realistic Mathematic Education (FRME) berbasis teknologi lokal dan penggunaan media Geoboard di SD Muhammadiyah Kleco. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan pelaksanaan kegiatan terdiri dari observasi, perencanaan, pelatihan untuk guru, serta pembelajaran inovatif untuk siswa. Media Geoboard digunakan untuk memvisualisasikan konsep geometri secara konkret, sementara FRME membantu siswa memahami matematika melalui konteks dunia nyata. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa (85%), nilai rata-rata tes geometri (dari 60 menjadi 80), serta kompetensi guru dalam merancang pembelajaran inovatif. Program ini juga berhasil meningkatkan kreativitas siswa melalui aktivitas prakarya. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi FRME dan Geoboard dapat menjadi solusi praktis untuk meningkatkan pembelajaran geometri. Simpulan dari program ini adalah bahwa integrasi konteks lokal dan teknologi tepat guna dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika secara berkelanjutan. Model ini direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah lain sebagai upaya transformasi pendidikan matematika

Full Text:

PDF

References


Dedi Muhtadi, Winda Wulandari, dan Sukirwan. 2023. “Kesulitan peserta didik pada materi luas permukaan dan volume limas.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu 2(3):361–72. doi: 10.31980/pme.v2i3.1729.

Hotnida, Synthia, Agus Prambudi, dan Isti Hidayah. 2019. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIIF SMPN 22 Semarang Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM.” Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika 2:821–27.

Kania, Nia. 2018. “Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan.” Jurnal Theorems 2(2):301771.

Malčeski, Risto, Katerina Anevska, dan Metodi Glavche. 2014. “The Integration of Mathematics Instruction in Elementary Education.” International Journal of Science and Research 3(9):2393–98.

Ormonoy, Toshmatova. 2022. “The Importance of Solving Math Problems in Elementary School.” Indonesian Journal of Education Methods Development 17(4):1–7. doi: 10.21070/IJEMD.V20I.628.

Rahayu, Eka. 2021. “Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri.” AtTàlim : Jurnal Pendidikan 7(1):2548–4419.

Rahmawati, Arum Dwi, Ngawi Ferri ArdianzahP, dan Pratiwi Novitasari. 2024. “Penerapan Teori Beban Kognitif dalam Pengajaran.” Jurnal Jendela Pendidikan 4(4):463–72.

Taskiya, Fina. 2023. “The Importance of Mastering Mathematical Concepts in Solving Mathematical Problems In Elementary Schools.” EZRA SCIENCE BULLETIN 1(1):11–17. doi: 10.58526/EZ-SCI-BIN.V1I1.3.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v3i2.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats