" />--}}

PELATIHAN PENYUSUNAN MATERI AJAR DAN METODE PENGAJARAN BAGI GURU DI PAUD NASYIAH DESA SIDODARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Gali Alrajafi, Eryon Munir, Carla Maretha, Yulia Wahyuningsih

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan gerbang awal generasi muda bangsa Indonesia mendapatkan pengetahuan dan keterampilan kreatif. Dalam perkembangannya PAUD bernilai esensial dalam proses belajar anak. Proses pendidikan yang asyik dan kreatif membuat daya nalar anak terangsang dengan baik. Selain itu keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik juga diupayakan untuk berkembang dengan pesat. Pembelajaran di PAUD menyentuh konsep-konsep dasar keterampilan tersebut, khususnya yang terkait dengan inteligensia kebahasaan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian khusus pada materi yang diajarkan dan metode penyampaiannya yang dalam hal ini ialah bahasa asing. Sesuai dengan amanah peta jalan pengabdian kepada masyarakat Prodi Sastra Inggris, Universitas Muhammadiyah Lampung memberikan pelatihan kepada guru-guru PAUD Nasyiatul Aisyiha untuk meningkatkan kapabilitas dalam pengajaran bahasa Inggris bagi anak PAUD. Kegiatan ini dilakukan dengan metode partisipatif dalam beberapa tahapan yaitu koordinasi dengan pengurus PAUD, survey lapangan, dan pelaksanaan program. Hasil dan implementasi ialah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pendidik dalam menyusun bahan ajar dan menerapkan metode pengajaran yang efektif bagi peserta didik. Kata kunci: PAUD, Bahan Ajar, Metode Pembelajran, Bahasa Inggris

Keywords


Keywords: PAUD, Teaching Material, Teaching Method, English

Full Text:

PDF

References


Alrajafi, G., Wahyuningsih, Y., & Maretha, C. (2022). Contributing Factors In Development Of Speaking Skill. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 2(1), 1-8.

Maretha, C., Wahyuningsih, Y., & Alrajafi, G. (2022). Technique Of Translation: Reviewing The Theory. Sigeh Elt: Journal of Literature and Linguistics, 2(2), 152-158.

Paderan, M. P. C., Alrajafi, G., & Eryon, E. (2023). THE ANALYSIS OF SPEECH FEATURES OF FEMALE CHARACTERS IN GOSSIPING (A STUDY CASE IN THE FILM “BRIDESMAIDS”). SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 3(1), 72-87.

Maretha, C., Wahyuningsih, Y., & Alrajafi, G. (2022). LANGUAGE ANALYSIS TOWARD NEWS OF FOOTBALL AND SUPPORTER CONFLICT IN SOCIOLOGICAL REVIEW. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 2(1), 9-22.

Maretha, C., Alrajafi, G., & Wahyuningsih, Y. (2021). Linguistic Etiquette In Communication. SIGEH ELT: Journal of Literature and Linguistics, 1(2), 87-95.

Wahyuningsih, Y., Alrajafi, G., & Rasyid, A. (2023). Piawai Menulis Melalui Inovasi Teknik Beyond Centra And Circle Time Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 481-489.

Alrajafi, G., Maretha, C., & Sari, R. P. (2023). Mahir Berbahasa Inggris Melalui Inovasi Teknik Probing-Promting Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 409-419.

Eryon, E., Alrajafi, G., & Maretha, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Lagu Terhadap Kemampuan Pronunciation Siswa Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 472-480.

Pontillas, M. S. D. (2020). Reducing the public speaking anxiety of ESL college students through popsispeak. 3L, Language, Linguistics, Literature, 26(1).

Pontillas, M., & Talaue, F. (2021). Levels of Oral Communication Skills and Speaking Anxiety of Educators in a Polytechnic College in the Philippines. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 24-32.

Pontillas, M. (2021). Opportunities and challenges of a Filipino educator in a home-based online EFL industry: A single case study. Journal of Education, Management and Development Studies, 1(1), 77-88.

Pontillas, M., Requinala, K. V., Agna, M. A., Atienza, L., Reginaldo, C., Balingasa, J., & Lopez, M. (2020). Filipino Memes: Generation Z’s Way of Indirectness. In DLSUResearch Congress.

Pontillas, M., & Rañada, F. R. (2022). Discourse Markers in an Online Community of Buhînën People. Journal of Education, Management and Development Studies, 2(3), 8-23.

Indriyani, W. I., Sutama, S., Novitasari, M., Alrajafi, G., Desmayanasari, D., & Adnan, M. (2023, June). Creative thinking ability to solve open-ended problems in Madrasah Aliyah. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2727, No. 1). AIP Publishing.

Azza, S. Y., Alrajafi, G., & Sanjaya, F. H. (2023). Strategi Jitu Kuasai Grammar Melalui Inovasi Aplikasi Kekinian English Grammar Ultimate Di Era Merdeka Belajar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(3), 526-533




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v2i1.1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats