Teknik Mencatat Tingkat Tinggi dan Menulis kreatif Dengan Penuh Percaya Diri Bagi Guru Bimbel Baca Tulis dan Hitung
Abstract
membaca, menulis dan berhitung, tetapi membantu siswa dalam meningkatkan daya ingat terhadap
memori yang tersimpan dalam pikirannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh
guru-guru bimbingan belajar yang ada dikabupaten pringsewu. Kegiatan ini bertujuan memberikan
pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru bimbingan belajar dalam meningkatkan kemampuan
anak didikya dalam mengingat materi yang telahdipelajari. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua
hari dengan materi teknik mencatat tingkat tinggi dalam bentuk peta pikiran dan menulis kreatif
dengan rasa percaya diri. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berjalan sesuai
dengan apa yang sudah direncanakan. Pemahaman peserta dalam membuat peta pikiran sangat baik
dilihat dari hasil peta konsep dan menulis kreatif yang dibuat oleh peserta selama pelaksanaan
kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Mapping.
Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Damayanti, Y. (2012, November 23).
Pengertian Mencatat berdasarkan ilmu
pendidikan. (B. P. Dewi, Interviewer)
Gunawan, H. M., & Aziz, R. (2018). Mengapa
Kepercayaan Diri Mempengaruhi
Kemampuan Menulis Kreatif Siswa?
Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan
Psikologi Islam, 15(2), 7.
https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.67
Gusti., Y. (2014). Meningkatkan kemampuan
menulis kreatif siswa melalui pendekatan
whole language dengan teknik menulis
jurnal. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan
UNJ, 28(1)
Misbahudin, M. (2018). Pengaruh
Pembelajaran dengan Teknik Mencatat
Mind Mapping tehadap Kemampuan
Berpikir Kreatif pada Materi Energi dan
Penerapannya. Jurnal Ilmu Pendidikan
(JIP) STKIP ....
http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/
index.php/jip/article/view/8%0Ahttps
://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/inde
x.php/jip/article/download/8/8
Purwani, P. (2012, November 21). Pengertian
Mencatat Berdasarkan Bidang Bahasa
Indonesia. (B. P. Dewi, Interviewer).
Rahayu, P. A. (2021). Penggunaan Mind
Mapping dari perspektif Tony Buzan
dalam Proses Pembelajaran.
Paradigma, 11(April 2021), 65–80.
https://www.ptonline.com/articles/ho
w-to-get-better-mfi-results
Rofisian, N. (2020). Penerapan Model
Pembelajaran Mind Mapping Untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Iv
Sd. El Midad, 12(2), 102–114.
https://doi.org/10.20414/elmidad.v12
i2.254
Subandi, Ahmad, Satrijono Hari, S. (2014).
Meningkatkan kemampuan menulis narasi
sugestif dengan menggunakan media
gambar seri siswa kelas V SDN arjasa
jember. Jurnal Edukasi Unej. Volume 1
Nomor 1 Hal. 1-4., 1(1), 1–4.
DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v1i2.1312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor and Administration Address:
Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132
JDN Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.