" />--}}

Teknik Mencatat Tingkat Tinggi dan Menulis kreatif Dengan Penuh Percaya Diri Bagi Guru Bimbel Baca Tulis dan Hitung

Yunni Arnidha, Nihayati Nihayati

Abstract


Peran guru bimbingan belajar sebagai guru kedua bagi anak bukan hanya sekedar mengajarkan
membaca, menulis dan berhitung, tetapi membantu siswa dalam meningkatkan daya ingat terhadap
memori yang tersimpan dalam pikirannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh
guru-guru bimbingan belajar yang ada dikabupaten pringsewu. Kegiatan ini bertujuan memberikan
pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru bimbingan belajar dalam meningkatkan kemampuan
anak didikya dalam mengingat materi yang telahdipelajari. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua
hari dengan materi teknik mencatat tingkat tinggi dalam bentuk peta pikiran dan menulis kreatif
dengan rasa percaya diri. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berjalan sesuai
dengan apa yang sudah direncanakan. Pemahaman peserta dalam membuat peta pikiran sangat baik
dilihat dari hasil peta konsep dan menulis kreatif yang dibuat oleh peserta selama pelaksanaan
kegiatan.

Keywords


Peta pikiran, Menulis kreatif, Percaya diri

References


Daftar Pustaka

Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Mapping.

Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Damayanti, Y. (2012, November 23).

Pengertian Mencatat berdasarkan ilmu

pendidikan. (B. P. Dewi, Interviewer)

Gunawan, H. M., & Aziz, R. (2018). Mengapa

Kepercayaan Diri Mempengaruhi

Kemampuan Menulis Kreatif Siswa?

Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan

Psikologi Islam, 15(2), 7.

https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.67

Gusti., Y. (2014). Meningkatkan kemampuan

menulis kreatif siswa melalui pendekatan

whole language dengan teknik menulis

jurnal. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan

UNJ, 28(1)

Misbahudin, M. (2018). Pengaruh

Pembelajaran dengan Teknik Mencatat

Mind Mapping tehadap Kemampuan

Berpikir Kreatif pada Materi Energi dan

Penerapannya. Jurnal Ilmu Pendidikan

(JIP) STKIP ....

http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/

index.php/jip/article/view/8%0Ahttps

://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/inde

x.php/jip/article/download/8/8

Purwani, P. (2012, November 21). Pengertian

Mencatat Berdasarkan Bidang Bahasa

Indonesia. (B. P. Dewi, Interviewer).

Rahayu, P. A. (2021). Penggunaan Mind

Mapping dari perspektif Tony Buzan

dalam Proses Pembelajaran.

Paradigma, 11(April 2021), 65–80.

https://www.ptonline.com/articles/ho

w-to-get-better-mfi-results

Rofisian, N. (2020). Penerapan Model

Pembelajaran Mind Mapping Untuk

Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Iv

Sd. El Midad, 12(2), 102–114.

https://doi.org/10.20414/elmidad.v12

i2.254

Subandi, Ahmad, Satrijono Hari, S. (2014).

Meningkatkan kemampuan menulis narasi

sugestif dengan menggunakan media

gambar seri siswa kelas V SDN arjasa

jember. Jurnal Edukasi Unej. Volume 1

Nomor 1 Hal. 1-4., 1(1), 1–4.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v1i2.1312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats