" />--}}

PENGARUH GAYA HIDUP DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA

Bintang Kenzo Abavi, Rizal Mahmudin, Vicky F. Sanjaya

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, gaya hidup masyarakat pun berubah. Gaya hidup masyarakat
cenderung modern, sebagian orang lebih sering membeli atau menggunakan barang dan jasa di
tempat atau pasar yang modern dari pada di tempat atau pasar tradisional. Faktor utama dalam
penelitian ini adalah gaya hidup yang memiliki kaitan dengan perilaku konsuntif masyarakat.
Perilaku konsumtif adalah perilaku seseorang yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosiologis dalam
kehidupany yang ditunjukan untuk mengkonsumsi secara berlebihan atau pemborosan dan tidak
terencana terhadap jasa dan barang yang kurang atau bahkan tidak diperlukan. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data
primer dan data sekunder. Teknik yang dipakai dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner.
populasi yang digunakan adalah pelanggan yang berkunjung pada Starbucks tahun 2022. Metode
pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Nonprobability sampling. pengujian menyatkan bahwa
indikator-indikator tersebut memiliki nilai diatas 0,6 maka indikator tersebut dinyatakan valid, hasil
untuk pengujian AVE menunjukkan bahwa nilai dari AVE diatas 0,5 sehingga secara keseluruhan
menunjukkan bahwa variable dalam penelitian ini terpenuhi. Gaya Hidup berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Perilaku Konsumtif, Tingkat Penghasilan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Perilaku Konsumtif.

Keywords


Gaya Hidup, Tingkat Penghasilan, Perilaku Konsumtif

References


Daftar Pustaka

Abul Aziz, M.Ag, Etika Bisnis Perspektif

Islam: Implementasi Etika Islami Untuk

Dunia Usaha, Bandung: Alfabeta, 2013.

Bukhori Alma, Kewirausahaan

Menumbuhkan Jiwa Wiarusaha Bagi

Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia,

Bandung: Alfabeta, 2006.

Chintia Dwi Yuliani. Analisis Dampak

Tingkat Pendapatan Dan Perilaku

Konsumtif Terhadap Kesejahteraan

Keluarga Perspektif Ekonomi Islam,

Studi Pada Desa Adiluwih, Kecamatan

Adiluwih, Kabupaten Pringsewu.

Donni Juni Priansa S.Pd., S.E.,S.S., M.M., Qwp.,

Mos, Perilaku Konsumen Dalam

Persaingan Bisnis Kontemporer,

Bandung: Alfabeta, 2017.

Fitri Nomiasari. Pengaruh Gaya Hidup

Terhadap Perilaku Konsumen Muslim

(Studi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Dan Bisnis Islam) Institut Agama Islam

Negeri Bengkulu, 2019/1440H.

Hasnira. Pengaruh Dan Gaya Hidup

Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat

Wahdah Islamiyah Makassar. Fakultas

Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas

Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

Prof. Dr. Sugiono, Metode Penelitian

Pendidikan Dengan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,

Bandung: Alfabeta, 2018.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v1i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats