PENDAMPINGAN KETERAMPILAN DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS PADA ANAK-ANAK USIA DINI DI DESA AMBARAWA PRINGSEWU

Nihayati Nihayati, Dika Artha Putri, Yesi Budiarti

Abstract


Abstrak Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di desa Ambarawa kabupaten Pringsewu, yang diikuti 54 anak-anak usia dini dengan rentang usia 3 sampai 6 tahun yang bertempat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ambarawa. Tujuan kegiatan ini untuk memberi keterampilan kepada anakusia dini agar terasah kreativitasnya. Kegiatan ini dilakukan melaui dua tahapan, yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, dilakukan analisis situasi untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh anak-usia dini di desa Ambarawa. Permasalahan yang ditemukan yaitu pada bulan Ramadhan, anak-anak usia dini usia 5-6 tahun sedang belajar berpuasa, supaya tidak bosan banyak orang tua yang memberikan tontonan televisi ataupun gadget. Hal tersebut kurang menumbuhkan kreativitas pada anak, bahkan anak cenderung ketergantungan menonton televisi dan bermain gadget. Tahap pelaksanaan terdiri dari berdo’a bersama, motivasi ibadah dan akhlak, senam bersama, membuat crafting, dongeng, mewarnai dan membuat play dough. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak usia dini di desa Ambarawa bisa mengisi waktu mereka dengan membuat keterampilan yang bisa menumbuhkan kreativitas mereka dengan didampingi oleh orangtua mereka di rumah. Kata kunci: Keterampilan, Kreativitas, Anak Usia Dini Abstract This community service activity was carried out in Ambarawa village, Pringsewu district, which was attended by 54 early childhood children with an age range of 3 to 6 years located at Aisyiyah Bustanul Athfal Ambarawa Kindergarten. The purpose of this activity is to provide skills for early childhood to hone their creativity. This activity is carried out in two stages, namely the planning stage and the implementation stage. At the planning stage, a situation analysis was carried out to find out the problems experienced by early childhood in Ambarawa village. The problem found is that in the month of Ramadan, early childhood children aged 5-6 years are learning to fast, so that many parents don't get bored watching television or gadgets. This does not foster creativity in children, even children tend to be dependent on watching television and playing with gadgets. The implementation stage consists of praying together, motivation for worship and morals, joint exercise, making crafting, coloring, fairy tales, and making play-dough. The result of this activity is that early childhood children in Ambarawa village can fill their time by making skills that can foster their creativity, accompanied by their parents at home. Keywords: Skills, Creativity, Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Azkya, S. U. (2017). Desain Crafting and

Lunch Table Set Untuk Anak Usia 4-6

Tahun Guna Menstimulus Kemandirian

Anak. Surabaya. Retrieved from

https://repository.its.ac.id/41171/1/3

-Undergraduate-Theses.pdf

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan

Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana

Didaktika, 4(2), 193–200.

https://doi.org/10.31102/wacanadida

ktika.4.2.193-200

Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru,

P., Anak, P., … Madura, U. T. (2015).

Volume 1 Nomor 1, Mei 2022

Universitas Muhammadiyah Lampung

E-ISSN. XXX

ISSN. XXX

http://journal.uml.ac.id/JDN

Copyright © 2022

Dongeng Sebagai Media Penanaman

Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Anak

Usia Dini, 2(2). Retrieved from

https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaud

trunojoyo/article/view/2606/2119

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak

Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 1–12.

Retrieved from http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jg

a/article/view/739/590

Kurnia, I. (2019). Pengaruh Kegiatan

Mewarnai Gambar terhadap

Kemampuan Motorik Halus Anak

Kelompok B di Pendidikan Anak Usia

Dini Bukit Selanjut Kecamatan

Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu.

Jurnal Kindergarten, 2(2), 67–79.

Retrieved from http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/KINDERGARTE

N/article/view/8986/4722

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013).

Meningkatkan Kreativitas Pada Anak.

Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2),

–129. Retrieved from

https://journal.uii.ac.id/ajie/article/vi

ew/7863/6872

Pagestu, R. (2017). Fenomena Gadget dan

Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia

Dini. Fenomena Gadget Dan

Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia

Dini, 2, 165–174. Retrieved from

http://download.garuda.ristekdikti.go.i

d/article.php?article=722798&val=112

&title= Fenomena Gadget dan

Perkembangan Sosial bagi Anak Usia

Dini

Susanti, M. M., & Trianingsih, Y. (2017).

Efektivitas Terapi Bermain Play Dough

dan Puzzle Terhadap Tingkat

Perkembangan Motorik Halus pada

Anak Usia Dini di Paud Dahlia Godong.

The Shine Cahaya Dunia Ners, 2(1).

Retrieved from

http://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/

index.php/TSCNers/article/view/31/9

Syafril, S., Kuswanto, C. W., Farida, &

Muriyan, O. (2020). Dua Cara

Pengembangan Motorik Kasar Pada

Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5

(1)(1), 106. Retrieved from

https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v

i1.1172




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v1i1.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats