MODIFIKASI PENERAPAN KONSEP - KONSEP DASAR KOMUNIKASI PUBLIK DALAM KEGIATAN DAKWAH KONTEMPORER

Mike Meiranti

Abstract


Komunikasi publik adalah komunikasi yang di lakukan di depan khalayak yang jumlahnya banyak atau komunikasi yang dilakukan dalam sebuah lingkup yang di hadiri audiens yang banyak. Menurut Jim Grunig komunikasi publik memiliki empat konsep atau model dasar yang digunakan dalam proses penyampaian informasi antara lain, yang pertama model press agentry model ini di lakukan dengan komunikasi satu arah misalnya kampanye, mengajak, persuasif yang sifat audiens nya pasif. Dakwah merupakan bentuk komunikasi publik yang sering kita saksikan. Menurut Jim Grudig komunikasi publik juga disebut public relation dimana istilah public relation sering digunakan sebagai narahubung atau pelantara komunikasi antar organisasi dan lembaga. Pada dasarnya komunikasi publik merupakan proses komunikasi yang di lakukan untuk menyampaikan pesan atau informasi untuk orang banyak dan dapat di akses oleh orang banyak. Dalam hal ini dakwah dan konsep dasar komunikasi publik tidak dapat di pisahkan penerapannya karna dakwah tidak akan berjalan dengan maksimal ketika tidak ada konsep komunikasi publik didalamnya, begitu juga sebaliknya ketika tidak ada pesan dakwah yang di sampiakan maka tidak akan terjadi proses komunikasi publik.


Full Text:

PDF PDF

References


Abdul Pirol, Komunikasi Dan Dakwah (2012) Islam, Yogyakarta, Deepublish: Hal: 2-3

Masduki, Filosofi Dakwah Kontemporer (2018) Riau, PT Indrargiri Dot Com, November. Hal: 87

Khalid Basalamah, Hukum Belum Membayar Puasa, Ramadhan 11 Juni 2017, Video Agama, 03.40, Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=T4tb7fktsyy

Ipin Phienput, Komunikasi Publik, Http://Kuliahonlinekomunikasi.Blogspot.Com/2011/09/Komunikasi-Publik.Html. Di Akses 16 Maret




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v2i1.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.