PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN PEMBIMBING TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI (Studi pada Mahasiswa Fisipol Universitas Muhammadiyah Lampung Angkatan 2017)

Marina Ghanis Anggraini, Immawati Asniar, Sri Choiriyati

Abstract


Komunikasi interpersonal antara dosen pembimbing dengan mahasiswa bimbingannya sangat diperlukan, terutama untuk memotivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal dosen pembimbing terhadap motivasi dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Fisipol Universitas Muhammadiyah Lampung angkatan 2017 yang sedang menyusun skripsi,  pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan quisioner dengan jumlah responden 46 mahasiswa  , pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 25 dengan teknik analisis regresi linier sederhana . Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi interpersonal antara dosen pembimbing dengan mahasiswa melalui uji hipotesis mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi menyusun skripsi, dengan thitung variabel komunikasi interpersonal sebesar 5,880 dimana hasil perhitungan tersebut lebih besar dari ttabel-nya yaitu sebesar 2,015, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji koefisien determinasi didapat nilai R square sebesar 0,440. Hasil ini menunjukkan bahwa 44% variabel motivasi menyusun skripsi dapat dipengaruhi oleh variabel komunikasi interpersonal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v1i2.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.